Isu Kesehatan Mental (Mental Health) dan Peranan Pelayanan Konseling Pastoral Kristen

Authors

  • Delpi Novianti Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor

DOI:

https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v5i1.59

Keywords:

Kata kunci: Kesehatan mental, Konseling Kristen.

Abstract

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Kesehatan mental merupakan dasar dari berhasilnya membangunnya relasi sosial, hidup lebih produktif, kemampuan dalam mengembangkan potensi diri dan menjadi individu yang lebih bertanggung jawab bagi lingkungan hidupnya atau dalam komunitas. Namun sebaliknya jika seseorang mengalami masalah kesehatan mental akan menjadi pemicu dalam gagalnya membangun hubungan sosial, menjadi tidak produktif, lebih cenderung tidak bertanggung jawab dan ketidakmampuan dalam mengembangkan potensi diri. Sehingga isu kesehatan mental faktor dalam tidak tercapainya pembangunan kehidupan yang produktif, sejahtera dan mengurangi sumber daya manusia. Dengan pendekatan penelitian deskriptip-eksploratif berdasarkan hasil dari data dan riset penelitian sebelumnya ditemukan bahwa isu kesehatan mental di Indonesia dari tahun ke tahun secara signifikan terus mengalami kenaikan dalam berbagai usia. Masalah isu kesehatan mental di Indonesia sendiri masih dibawah standar dalam memberikan pelayanan bagi pencegahan, penanganan serta pemulihan. Karena itu melalui penelitian ini, ditemukan bahwa konseling pastoral Kristen dapat memberikan kontribusi dalam menghadapi isu kesehatan mental dengan cara: memberikan pemahaman tentang konsep diri yang benar; membimbing untuk mengambil keputusan, pemulihan dalam relasi dan kontemplasi sebagai pemenuhan spiritualitas diri.

 

References

Alwi, Hasan. Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia, Konseling, Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2000.

Amelia, Reski. Pentingkah KESEHATAN MENTAL? Gowa: Pustakan Taman Ilmu, 2020.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Van Beek, A. Pendampingan Pastoral. BPK Gunung Mulia, n.d. https://books.google.co.id/books?id=JDlaK4V-A5kC.

E.P.G.D.R., Pdt. Pastoral Konseling: Membaca Manusia Sebagai Dokumen Hidup, Identifikasi Diri Untuk Mengatasi Trauma Dan Luka Batin Dalam Pelayanan Pastoral Konseling. PBMR ANDI, 2021. https://books.google.co.id/books?id=jqQ5EAAAQBAJ.

Intarti, Esther Rela. Pengantar Konseling Pastoral. Asosiasi Konselor Pastoral Indonesia. Yogyakarta: Buku Baik, 2016.

Kawangian, Sherly Ester. Prinsip Dasar Konseling Kristen. Jurnal Ukrim Yogyakarta 6 (2015): 1111. http://www.e-jurnal.ukrimuniversity.ac.id/file/P116.pdf.

Krisetya, M. KONSELING: Seni Hubungan Antar-Manusia. Sarana Gracia, 2019. https://books.google.co.id/books?id=oJIREAAAQBAJ.

Muslimahayati, Muslimahayati, and Hafifatul Auliya Rahmy. Depresi Dan Kecemasan Remaja Ditinjau Dari Perspektif Kesehatan Dan Islam. DEMOS: Journal of Demography, Ethnography and Social Transformation 1, no. 1 (2021): 3544.

Nainupu, Marthen. Peduli Terhadap Sesama Melalui Konseling Pastoral. Malang: Media Nusa Creative, 2016.

Nisa, Walda Isna. Penanganan Kesehatan Mental Berbasis Komunitas. Malang: MNC Publishing, 2019.

Purba, Deasy Handayi . dkk. Kesehatan Mental. Yayasan Kita Menulis, 2021.

Putri, Vingki Maulana. Kewajiban Masyarakat Menerima Edukasi Kesehatan Mental. Https://Osf.Io/2rhau/. .

Radiani, Widiya A. Kesehatan Mental Masa Kini Dan Penanganan Gangguannya Secara Islami. Journal of Islamic and Law Studies 3, no. 1 (2019): 87113. https://jurnal.uin-antasari.ac.id.

Simanjuntak, Julianto. Membangun Kesehatan Mental Keluarga Dan Masa Depan Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2012.

Susabda, Yakub B. Pastoral Konseling. Malang: Gandum Mas, 2001.

Tuu, Tulus. Dasar-Dasar Konseling Pastoral. PBMR ANDI, 2021.

Wahyuni, Esa Nur, and Khairul Bariyyah. Apakah Spiritualitas Berkontribusi Terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa? Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia 5, no. 1 (2019): 46.

Yasipin, Yasipin, Silvia Ayu Rianti, and Nurman Hidaya. Peran Agama Dalam Membentuk Kesehatan Mental Remaja. Manthiq 5, no. 1 (2020): 2531.

Yuliansyah, M. Wildan. Kesehatan Masyarakat Kesehatan Mental. Surakarta: PT. Borobudur Inspira Nusantara, 2016.

Yusuf, Syamsu. Kesehatan Mental Perspektif Psikologis Dan Agama. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2018.

Published

2023-05-10

How to Cite

Delpi Novianti. (2023). Isu Kesehatan Mental (Mental Health) dan Peranan Pelayanan Konseling Pastoral Kristen. JURNAL KADESI, 5(1), 137-162. https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v5i1.59