PERAN GURU SEKOLAH MINGGU DALAM MENDIDIK PERILAKU ANAK DI HKBP SUTOYO

Authors

  • Naomi Anggriani Panjaitan STT Kadesi Bogor
  • Leo Fransisco Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor

DOI:

https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v6i2.89

Abstract

Sekolah Minggu tempat yang sangat penting untuk perkembangan spiritual dan moral anak-anak. Sekolah Minggu dapat menjadi lingkungan yang mendukung anak-anak untuk memperkuat fondasi spiritual dan moral mereka, membantu mereka tumbuh menjadi orang yang baik serta bertanggung jawab dalam komunitas mereka dengan melalui pendidikan formal dan informal. Peran guru sekolah minggu sangat penting serta berdampak dalam mendidik perilaku anak-anak sekolah minggu. Mereka tidak hanya mengajarkan nilai-nilai agama dan moral kepada anak-anak, tetapi juga membantu membentuk kepribadian, karakter, dan kedisiplinan rohani mereka. Guru sekolah minggu memainkan peran penting dalam membentukan generasi yang bertanggung jawab dan bermoral. Penelitian ini bertujuan untuk membantu guru yang mengajar anak-anak sekolah minggu untuk memahami peran mereka yang sangat penting dalam mendidik anak-anak sekolah minggu. Dalam melakukan pekerjaan dengan baik, guru sekolah minggu harus memiliki kemampuan yang handal dalam mengajar serta mendidik anak-anak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif serta study pustaka melalui sifat dan perilaku guru sekolah minggu yang baik merupakan cerminan bagi anak-anak, lahir baru, dewasa secara rohani, dan berbakat dalam mengajar. Guru sekolah minggu memiliki peran besar dalam mendidik perilaku anak dan tidak hanya sekedar berbicara tentang Firman Tuhan. Mereka membangun kepribadian anak melalui nilai-nilai moral dan prinsip-prinsip etika, membangun kedisiplinan rohani anak (tentang pentingnya doa, ibadah, dan menghormati Tuhan), dan menanamkan pemahaman yang benar tentang Tuhan kepada anak-anak. Melalui tugas mereka yang peduli, teladan, guru Sekolah Minggu membantu membangun fondasi spiritual anak-anak dan memberikan bantuan yang diperlukan untuk perkembangan mereka secara keseluruhan.

References

A. Rumondor, Bobby. “Peranan Guru Sekolah Minggu Dalam Pelayanan Penggembalaan Terhadap Pertumbuhan Rohani Anak Sekolah Minggu di Gereja Pantekosta Merdeka Indonesia Jemaat Kapernaum Roti Hidup Buha Manado”, Apolonius : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, Vol. 2 No. 2 (2021).

Adriaan MF. Wakkary, “Peran Keluarga Kristen Bagi Pendidikan Remaja”, Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika, Vol. 4 No. 1 (2018).

Arihta, Jona Perangin-angin. “Peran Guru Sekolah Minggu Membimbing Anak–anak Sekolah Minggu”, Charismo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 2023.

Bawole, Susan. “Tanggung Jawab Guru Sekolah Minggu dalam Kehidupan Spiritual Anak”, Jurnal Ilmiah, Vol. 7 No. 2 (2020).

Christin. Wawancara (Tatap Muka) pada hari Selasa, 24 April 2024.

Cindy. Wawancara (Tatap Muka) pada hari Rabu, 24 April 2024.

D. P. Perdana, T. Kristiono. “Hambatan Guru dan Pelayanan Sekolah Minggu di Gereja Kristen Jawa Jebres Surakarta”, Jurnal Teologi Gracia Deo, Vol. 1 No. 2 (2019).

Daniel Januar Tanudjaja, Agnes Ratnawati. “Profil Guru Sekolah Minggu Di GBI Rock Bellezza” 1, No. 1 (2021).

Dkk, Emiliana Leni. “Peran Gembala Dalam Menangani Pasang Surut Iman Jemaat GPDI Dengoan Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak”, Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, Vol. 4 No. 1 (2022).

Dkk, Karo Karo, S. “Hubungan Guru Sekolah Minggu dengan Keaktifan Anak dalam Ibadah Sekolah Minggu di GMI Siloam Binjai Tahun 2021”, Jurnal Pendidikan Religius, 2022.

Dkk, Like Sopian. “Peranan Guru Sekolah Minggu Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Iman Anak Sekolah Minggu Di GGRI Jemaat Kolam Siloam Sebente Kecamatan Teriak”, Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, Vol. 2 No. 2 (November 2023).

Dkk, Yunardi Kristian Zega. “Peran Guru Sekolah Minggu dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Era Teknologi”, Real Kiddos: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.1 No.1 (September 2022).

Dwiati Yulianingsih, Stevanus, K. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada Anak Usia Dini”.

Ferianti, Yuli. “Pentingnya Etika Kristen Dalam Pendidikan Agama Kristen Terhadap Anak Sekolah Minggu Sebagai Dasar Pembentukan Karakter, Inculco: Jurnal Pendidikan Kristen, Vol. 1 No. 2 (Juni 2021).

Framanta, Galih Mairefa. “Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepribadian Anak,” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 2, No. 1 (2020).

Handayani, Sri. “Peran Guru Sekolah Minggu Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia 6-12 Tahun Di Gereja HKBP Jepara”, Ginosko: Jurnal Teologi Praktika, Vol. 4 No. 2 (Mei 2023).

Hotma. Wawancara (Tatap Muka) pada hari Selasa, 24 April 2024.

K. Stevanus, Dwiati Yulianingsih. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada Anak Usia Dini”, Peada: Jurnal Pendidikan Kristen 2, No. 1 (2021).

Repository.Uksw.Edu, 2014.

Ricky Donald Montang, Magdalena Sopacua. “Peran Penting Guru Sekolah Minggu Dalam Pembangunan Karakater Anak”, NERIA: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, Vol. 1 No. 1 (Oktober 2023).

Saragih, “Pendidikan Agama Kristen Berbasis Karakter Wawasan Kebangsaan”, (Jakarta: Andi, 2016).

Simatupang, H. “Tugas Dan Tanggungjawab Guru Sekolah Minggu Terhadap Masa Depan Gereja”, Jurnal Christian Humaniora, Vol.4 No.2 (November 2020).

Sinurat, SRT. Wawancara (WhatsApp) pada hari Jumat, 26 April 2024.

Theodora Kaensige, Mariska. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Disekolah Minggu Untuk Pembentukan Karakter di Era Digital”, Jurnal Sains Riset,Vol. 14, No.1 (2024).

Vio, Wawancara (tatap muka di gereja), pada hari Rabu, 13 Februari 2024.

Published

2024-06-27

How to Cite

Panjaitan, N. A., & Fransisco, L. . (2024). PERAN GURU SEKOLAH MINGGU DALAM MENDIDIK PERILAKU ANAK DI HKBP SUTOYO. JURNAL KADESI, 6(2), 40-65. https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v6i2.89