Mengimplementasikan Pembelajaran Inovatif Di Era Digital Melalui Pendidikan Agama Kristen Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAK

Authors

  • Meike Irmawati Tompira STT Kadesi Bogor
  • Tonny Andrian Stefanus STT Kadesi Bogor
  • Maria Titik Windarti STT Kadesi Bogor

DOI:

https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v7i1.107

Keywords:

Era digital; Pendidikan; Kompetensi; Guru PAK.

Abstract

Era digital ditandai dengan kehadiran  teknologi  informasi yang   membawa  dampak  terhadap  perubahan  seluruh  aspek kehidupan manusia khususnya dalam proses pembelajaran. Berbagai media teknologi dalam pendidikan telah memberikan dampak positif khususnya dalam proses pembelajaran. Pembelajaran adalah proses interaksi antara pendidik dengan peserta didik pada suatu dalam kegiatan belajar-mengajar. Dalam proses interaksi yang dilaksanakan pendidik dengan peserta  didik  era  digital  saat  ini mulai

bergeser  menjadi  interaksi  pembelajaran  digital. Pendidikan agama Kristen adalah bagian dari pendidikan yang diterapkan secara nasional. Proses pembelajaran yang mengalami perubahan ini dalam era digital menuntut guru PAK untuk lebih mengembangkan kompetensi profesional. Menjadi guru PAK yang mengembangkan proses pembelajaran yang relevan dengan zamannya. Pembelajaran inovatif menjadi salah satu pembelajaran yang mumpuni untuk diterapakan dalam era digital yang dapat mewujudkan tercapanya tujuan pembelajaran yang perlu diimplementasikan dalam pembelajaran pendidikan agama Kristen masa kini.

References

Alimuddin, Asriani, Justin Niaga Siman Juntak, R Ayu Erni Jusnita, Indri Murniawaty, and Hilda Yunita Wono. “Teknologi Dalam Pendidikan: Membantu Siswa Beradaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0.” Menur Pumpungan, Kec. Sukolilo, Kota SBY 05, no. 04 (2023): 36–38.

Ariani, Yetti, Yullys Helsa, and Syafri Ahmad. Model Pembelajaran Inovatif Untuk Pembelajaran Matematika Di Kelas IV Sekolah Dasar. Deepublish, 2020.

Dianti, Yira. “Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 2, no. 4 (2017): 5–24.

Ering, Aljuanika E, Paultje Tampa, Tampa Tanggung Jawab, Guru Pak, and Dalam Pemanfaatan. “Tanggung Jawab Guru PAK Dalam Pemanfaatan Media Teknologi Informasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sitasi.” Humanlight Journal of Psychology Desember 2, no. 2 (2021): 13–25. http://ejournal-iakn-manado.ac.id/index.php/humanlight.

Esther Rela Intarti. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen. REGULA FIDEI 4, no. 1 (2021): 36–46.

Hasriadi, H. “Metode Pembelajaran Inovatif Di Era Digitalisasi.” Jurnal Sinestesia 12, no. 1 (2022): 136–151. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/161.

Indarta, Yose, Ambiyar Ambiyar, Fahmi Rizal, Fadhli Ranuharja, Agariadne Dwinggo Samala, and Ika Parma Dewi. “Studi Literatur?: Peranan Model-Model Pembelajaran Inovatif Bidang Pendidikan Teknologi Kejuruan.” Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 4 (2022): 5762–5772.

Lestari, Dwi Indah, and Heri Kurnia. “Implementasi Model Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Era Digital.” JPG?: Jurnal Pendidikan Guru 4, no. 3 (2023): 205–222.

Muhammad Fathurrohman. Belajar Dan Pembelajaran Modern. Yogyakarta: Garudhawaca, 2017.

Novianti, Delpi, and Alon Mandimpu Nainggolan. “Bermisi Dalam Basis Digital Sebagai Transformasi Misi Kristen Di Era Revolusi Industri 4 . 0.” Tepian Jurnal Misiologi Dan Komunikasi Kristen 2, no. 1 (2022). https://doi.org/10.51667/tjmkk.v2i1.831.

Prihanto, Agus, and Kadek Eunike Dwi Nirmala Putri. “Pentingnya Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Menghadapi Tantangan Di Era Revolusi Industri 4.0.” EULOGIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 1 (2021): 1–15.

Rohman, Hendri. “Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru.” Jurnal MADINASIKA Manajemen dan Kelas 1, no. 2 (2020): 92–102. https://ejurnalunma.ac.id/index.php/madinasika.

Sirait, Rajiman Andrianus, and Ester Yunita Dewi. “Peran Teknologi Pembelajaran Pada Desain Pembelajaran,” no. 4 (2024). https://doi.org/10.61132/jbpakk.v2i4.773.

Yulmasita Bagou, Dewi, and Arifin Suking. “Analisis Kompetensi Profesional Guru.” Jambura Journal of Educational Management 1, no. September (2020): 122–130.

Published

2024-12-25

How to Cite

Tompira, M. I., Stefanus, T. A., & Windarti, M. T. (2024). Mengimplementasikan Pembelajaran Inovatif Di Era Digital Melalui Pendidikan Agama Kristen Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAK. JURNAL KADESI, 7(1), 114-132. https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v7i1.107