Strategi Pembelajaran Berbasis Alkitab untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini

Authors

  • Ditje Tea Sekolah Tinggi Agama Kristen Arastamar Grimenawa Jayapura
  • Oktavianus Rangga STAK Arastamar Grimenawa Jayapura

DOI:

https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v7i2.115

Keywords:

Strategi pembelajaran; Berbasis Alkitab; Pembentukan karakter; Anak usia dini; Spiritual

Abstract

Pembentukan karakter anak usia dini adalah fondasi utama dalam pendidikan dan perkembangan individu. Pada masa emas ini, nilai-nilai moral dan spiritual dapat ditanamkan dengan efektif, namun tantangan era modern seperti kemajuan teknologi dan degradasi moral menjadi ancaman serius. Tulisan ini bertujuan untuk merancang strategi pembelajaran yang berlandaskan Alkitab secara efektif guna membentuk karakter anak pada usia dini. Permasalahan utama yang diangkat adalah kurangnya metode pembelajaran yang mengintegrasikan prinsip-prinsip Alkitab secara interaktif dan relevan dengan kehidupan anak. Tulisan ini memakai pendekatan kualitatif berbasis riset pustaka dengan analisis tematik untuk mengidentifikasi nilai-nilai Alkitab dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik perkembangan anak. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan narasi Alkitab, permainan edukasi, serta aktivitas reflektif merupakan metode yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai seperti kasih, kejujuran, dan tanggung jawab. Pendekatan ini juga menekankan keterlibatan aktif anak dalam proses pembelajaran serta kolaborasi antara guru, orang tua, dan komunitas. Kebaruan penelitian ini terletak pada integrasi metode interaktif dan kontekstual dalam pembelajaran berbasis Alkitab yang dirancang khusus untuk anak usia. Pendekatan ini tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga melibatkan dimensi emosional dan spiritual anak. Dengan strategi yang inovatif dan aplikatif, penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam pembaruan paradigma pendidikan berbasis nilai-nilai kekal untuk menjawab tantangan era modern.

References

Asiyah, Nur. “Penerapan Pembelajaran Tematik Dalam Penanaman Moral Anak Usia Dini.” Journal of Basic Education Research 1, no. 2 (2020): 45–53.

Asrori, Mohammad. “Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 5, no. 2 (2013): 26.

Barasa, Tiurma, Dosmaria Panjaitan, Feronica Simanjuntak, Feronica Tinambunan, Irfan Pasaribu, and Elvan Nababan. “Implementasi Pendidikan Agama Kristen Di Lingkup Keluarga Sebagai Upaya Pembinaan Iman Anak Dan Orang Dewasa.” Jurnal Trust Pentakosta 1, no. 1 (2024): 1–13.

Bone, Agustinus Arruan, Noria Agata, Roland Padang, and Damaris Lisu. “Pendidikan Agama Kristen Berbasis Narasi?: Membangun Karakter Melalui Cerita Alkitab Nehemia 1-6.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal ( JIPKL ) 4, no. 5 (2024): 391–404.

Corbit, John, Mya Dockrill, Stef Hartlin, and C. Moore. “Intuitive Cooperators: Time Pressure Increases Children’s Cooperative Decisions in a Modified Public Goods Game.” Developmental Science 24, no. 6 (2022): 13344.

Crosby, Robert G., Erin I. Smith, Robert G. LaChausse, L. Blanchette, and Gregory J. Palardy. “Practices of Supportive Church Children’s Ministries: An Exploratory Multilevel Investigation of Church of the Nazarene Congregations in the United States.” Review of Religious Research 63, no. 3 (2021): 381–409.

Danugroho, Agus. Pendidikan Dalam Kacamata Ketahanan Nasional. Jejak Pustaka, 2022.

Ekoprodjo, Herman Sjahthi, and Markus Wibowo. “Pendidikan Kristen Membentuk Karakter Dan Nilai-Nilai Kristus Dalam Konteks Modern.” DIDASKALIA: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (2024): 15–28.

Fachrurrozi, M. Fachmi, Afif Nurseha, Nurmala Afifah, Gina Solihatuddiniyah, and Eli Herlina. “Implementasi 4 Kata Ajaib Dalam Meningkatkan Pembentukan Karakter Siswa Di SDN Rancamanggung.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa 2, no. 10 (2024): 4273–82.

Firdaus, Isroatul, and A. Wathon. “Penerapan Metode Eksperimen Mencampur Warna Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Kelompok B Di Ra As-Sholeh.” Sistim Informasi Manajemen 3, no. 2 (2020): 156–74.

Forbes, Adam S., and Martin E. Block. “How a Collaborative Parent–Adapted Physical Education Teacher Relationship Developed: A Retrospective Case Study.” Journal of Teaching in Physical Education 43, no. 3 (2024): 1–10.

Gani, Irwanto, Achmad Hufad, Oong Komar, and Jajat S. Ardiwinata. “Metode Integrasi Nilai-Nilai Kewirausahaan Dalam Pembelajaran PAUD Untuk Mendukung Kurikulum Merdeka.” Jurnal Ilmiah Potensia 9, no. 2 (2024): 160–69.

J. R. Raco. Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo, 2010.

Kumalasari, Bella, and Lusiana Idawati. “Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di SD Athalia Dengan Model CIPP (Context, Input, Process, Product).” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 11, no. 2 (2023): 60–72.

Lahulima, Denissa Alfiany. “Pengembangan Media Video Animasi Untuk Materi Pembelajaran Karakter Bersaksi Di Sekolah Minggu.” NSTITUTIO: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 4, no. 1 (2018): 1–10.

Latief, Suryawahyuni. “Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Sebagai Pondasi Pembentukan Karakter Dalam Era Revolusi 4.0 Dan Society 5.0: Teknik Dan Keberlanjutan Pendidikan Karakter.” Jurnal Literasiologi 3, no. 2 (2020).

Leo, Sutanto. Kiat Sukses Mengelola Dan Mengajar Sekolah Minggu. Yogyakarta: PBMR ANDI, 2021.

Lepa, Royke, Tri Hartono, Hery Adijanto, Amiruddin Wasugai, Retnalisa Sinauru, Henny Mamahit, Eka Lago, Dekrius Kuntaua, and Jefrie Walean. Paradigma Spiritualitas Kristen Di Era 5.0. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2022.

Liu, Zi-Yu, Z. A. Shaikh, and F. Gazizova. “Using the Concept of Game-Based Learning in Education.” Int. J. Emerg. Technol. Learn 15, no. 2 (2020): 53–64.

Mulalinda, Stella. “Peran Gereja Dalam Membangun Spiritualitas Anak Digital Native Ditengah Tantangan Era Digital.” SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 6, no. 1 (2024): 13–27.

Perkantas, Tim Staf. Pemuridan Dinamis Membangun Bangsa: Memuridkan Berbasis Kelompok Kecil Dan Profil. Literatur Perkantas Nasional, 2018.

Rambe, Nurintan. “Strategi Guru Dalam Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual Bagi Siswa.” Analysis 2, no. 2 (2024): 241–49.

Rangga, Oktavianus. “Pembelajaran Agama Kristen Berbasis Pengalaman: Membangun Iman Melalui Narasi Hidup.” PEADA’: Jurnal Pendidikan Kristen 5, no. 2 (2024): 81–99. https://doi.org/https://doi.org/10.34307/peada.v5i2.216.

Rangga, Oktavianus, Dewi Yuliana, and Anastacia Jennifer Alexandrina Mailoor. “Unearthing Biblical Wisdom for Active Learning: An Interactive Model of Christian Education in the Age of Digital Technology.” TELEIOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 4, no. 2 (2024): 147–59. https://doi.org/10.53674/teleios.v4i2.179.

Romika, Varyanti, and Yolanda Nany Palar. “Strategi Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Ibadah Sekolah Minggu.” Jurnal Darma Agung 32, no. 2 (2024): 1202–14.

Rosdiana, Ade, Ana Lestari, Mimin Halimah, and Ninik Sri Sutarti. “Peningkatan Pembelajaran Pada Anak Usia Dini Melalui Media Powerpoint.” Jurnal Tahsinia 5, no. 2 (2024): 213–27.

Russell W. Dalton. “Engaging Childist Biblical Interpretation and Reading Studies to Enhance Children’s Bible Lessons.” Religious Education 119, no. 3 (2023): 31–42.

Saefullah, Agus Susilo. “Ragam Penelitian Kualitatif Berbasis Kepustakaan Pada Studi Agama Dan Keberagamaan Dalam Islam.” Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 2, no. 4 (2024): 195–211.

Seprianus, Seprianus. “Implementasi Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Dengan Konsep Merdeka Belajar.” Masokan Ilmu Sosial Dan Pendidikan 4, no. 1 (2024): 17–29.

Simbolon, Rahmat. “Desain Kurikulum Dan Pengembangan PAK Dalam Penanaman Nilai-Nilai Kristiani Di Sekolah Minggu GKPI Pagar Beringin Tahun 2024.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 3, no. 4 (2024): 5315–25.

Sinaga, Janes, Rudolf Weindra Sagala, Rolyana Ferinia, and Stimson Hutagalung. “Peran Fundamental Gembala Bagi Guru Saat Pandemik Dalam Pembelajaran Online Berbasis Karakter: Tantangan Dan Sistem Pendukung.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 2, no. 1 (2021): 13–35.

Stevanus, Kalis, and Dwiati Yulianingsih. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Anak Usia Dini.” PEADA’?: Jurnal Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2021): 15–30. https://doi.org/10.34307/peada.v2i1.27.

Sumakul, Yunita, Mouren Elkasih Laluyan, and Harun Bederi Wambrauw. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Anak ADHD Di Sekolah Luar Biasa A-Bartemeus.” Journal of Psychology Humanlight 5, no. 2 (2024): 68–78.

Susanto, Budi, Wahju Satria Wibowo, Centaury Harjani, and Koniherawati. “Bible Learning with Board Game for Children.” Atlasntis Press 423, no. 3 (2019): 48–59. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200325.006.

Tasya, Luthfiyyah, Azizah Zein, Rhea Aquilla Fawaz, and Masganti Sit. “Strategi Orang Tua Dalam Pembiasaan Doa Harian Pada Anak.” Jurnal Care (Children Advisory Research and Education) 12, no. 2 (2025): 238–47.

Tibo, Paulinus. “Pengembangan Belajar Mengajar Pendidikan Agama Katolik Yang Kontekstual Di Sekolah Menengah Pertama Swasta Katolik Kevikepan Ende.” Jurnal Masalah Pastoral 5, no. 2 (2017): 1–18.

———. “Praktik Hidup Doa Dalam Keluarga Sebagai Gereja Rumah Tangga.” Jurnal Masalah Pastoral 6, no. 1 (2018): 62–85.

Wiyono, Slamet, Edward E. Hanock, and Arosokhi Laoli. “Peningkatan Literasi Alkitabiah Melalui Program Gemar Baca Alkitab Di Gereja Reformasi Indonesia Ngabang.” Jurnal PKM Setiadharma 5, no. 2 (2024): 126–39.

Zubaidah, Siti. “Pendidikan Karakter Terintegrasi Keterampilan Abad Ke-21.” Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika 3, no. 2 (2019): 1–24.

Published

2025-06-09

How to Cite

Tea, D., & Rangga, O. (2025). Strategi Pembelajaran Berbasis Alkitab untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini. JURNAL KADESI, 7(2), 1-33. https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v7i2.115

Most read articles by the same author(s)