Konteks Persekolahan di Indonesia Masa Kini

Authors

  • Lasmauli Gurning Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor

DOI:

https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v5i1.55

Keywords:

Pendidikan; Sekolah Indonesia; Masalah Pendidikan.

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini untuk menjabarkan tentang
pendidikan dalam konteks sekolah Indonesia. Manusia yang merupakan
makhluk hidup dengan akal budi memiliki potensi untuk melakukan
pengembangan. Salah satu pengembangan manusia yaitu melalui
pendidikan. Tetapi dalam konteks pendidikan Indonesia justru
ditemukan sejumlah masalah yang sangat kompleks. Kualitas pendidikan di Indonesia pada dewasa ini sangat memprihatinkan. Pada
penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif deksriptif dengan
studi literatur. Dengan pendekatan ini, penulisan ini sampai pada
penjelasan teori tentang pengertian pendidikan, Jenjang Pendidikan di
Indonesia, serta Masalah Pendidikan secara Nasional. Adapun hasil
penemuan dari penulisan ini bahwa masalah yang sering ditemukan
seputar pendididikan Indonesia adalah: Sulitnya mengikuti atau
menyesuaikan kurikulum yang berlaku; Pengembangan SDM yang tidak
merata; serta kurangnya fasilitas dan dana pendidikan.

References

Anggito, Albi & Setiawan, Johan. Metode Penelitian Kualitatif.

Sukabumi: CV Jejak, 2018.

Bukit, Benjamin. dkk. Pengembangan Sumber Daya Manusia: Teori,

Dimensi Pengukuran Dan Implementasi Dan Organisasi.

Yogyakarta: Zahir, 2017.

Hidayat, Rahmat dan Abdillah. Ilmu Pendidikan Konsep: Teori Dan

Aplikasinya. Medan: LPPPI, 2019.

Kemdikbud. Data Pendidikan Untuk Lembaga Internasional (WEI,

OECD, UNESCO). Jakarta: Pusat Data dan Statistik Pendidikan,

Nasir, M. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003.

Nurhuda, Hengki. Masalah-Masalah Pendidikan Nasional; FaktorFaktor Dan Solusi Yang Ditawarkan. Jurnal Pemikiran dan

pendidikan Dasar (n.d.).

Tenlain, Wens. dkk. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Gramedia

Pustaka Utama, 1992.

Triwiyanto, Teguh. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara,

Windarti, Maria Titik, Sri Rezeki, Olis, and David Ming. The Effect Of

Christian Teachers On Multicultural Problems: A Descriptive

Quantitative on the Student Effectiveness Based on Luke 10:25-

Didache: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 4, no. 1

(2022): 1738.

Windarwati, Maria Titik, Junio Richson Sirait, Hestyn Natal Istinatun,

Tamba Parulian, and Emeliana. Relevansi Transformational

Leadership Di Lembaga Pendidikan Kristen. Jurnal Pendidikan

Agama Kristen (JUPAK) 2, no. 1 (2021): 112.

Yusuf, Munir. Pengantar Ilmu Pendidikan. IAIN Palopo, n.d.

Published

2023-05-10

How to Cite

Gurning, L. (2023). Konteks Persekolahan di Indonesia Masa Kini. JURNAL KADESI, 5(1), 43-60. https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v5i1.55