Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini

Penulis

  • Hans Pranedya Pratama Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor
  • Elia Umbu Zasa Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor

DOI:

https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v7i1.106

Kata Kunci:

PAUD; Media; Strategi Pembelajaran

Abstrak

Media Pembelajaran merupakan Perantara dalam menyampaikan informasi atau isi daripada tujuan pembelajaran. Pentingnya menggunakan dan memilih  media yang efektif untuk mendukung berjalannya proses pembelajaran secara efisien. Berhasilnya sebuah tujuan dari pada pembelajaran  tergantung media yang digunakan dan yang menggunakan. Dalam menerapkan metode pembelajaran guru sebagai pemeran utama harus  menjadi media yang efektif dalam menyampaikan pembelajaran. Dengan demikan Guru juga perlu memperhatikan penggunaan media lainnya dalam pembelajaraan khususnya pada anak usia dini.  Pada tahap usianya yang dikatakan golden age, dimana anak-anak menyimpan informasi dengan baik dan menangkap berbagai hal dengan cepat. Peran Guru sebagai subjek dalam membimbing siswa, khususnya anak usia dini dalam penggunaan media pembelajaran yang efektif dan memastikan bahwa materi yang diperkenalkan sesuai ketentuan dan tujuan dari pada pembelajaran yang terkandung pada kurikulum PAUD. Artikel ini bertujuan untuk menawarkan media pembelajaran yang menarik, unik  dan tidak membosankan dikalangan anak-anak saat belajar sambil bermain dan menjadi salah satu modul ajar yang dapat diterapkan oleh guru saat pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dari penulisan artikel ini hasil yang diperoleh adalah anak usia dini dan guru serta orangtua dapat menerapkan pembelajaran yang asyik dan menarik saat berhadapan dengan anak. Oleh karena itu, media pembelajaran dan stategi pembelajaran yang efisien diharapkan membantu anak usia dini dalam belajar seperti: Edutaintment, Storytelling, Ekpositori dan berbasis masalah:

Referensi

Aggito, Albi Setiawan, Johan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Diedit oleh Ella Lestari Deffi. 1 ed. Bojong Genteng: CV Jejak, 2018.

Fadlillah, M, dan dkk. EDUTAINMENT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif, dan Menyenangkan. 1 ed. Rawamangun: KENCANA, 2016.

Handayani, Naomi, dan dkk. Pengembangan Model Pembelajaran. Diedit oleh Rina Septanti Dewi dan dkk. 1 ed. Magelang: Penerbit Pustaka Rumah C1inta, 2021.

Herlina, Elin, dan dkk. Strategi Pembelajaran. Diedit oleh Agustianti, Rifka dan Hamdani. 1 ed. Makassar: CV. Tohar Media, 2022.

Hermayani, Sitti Kaif, dan dkk. Strategi Pembelajaran (Macam-Macam Strategi Pembelajaran Yang Dapat Diterapkan Guru). Diedit oleh Hotimah NovitaSari. 1 ed. Surabaya: Innofast Publishing, 2022.

Mahrusillah, Mohamad. Fiqh Neurostorytelling Tradisi Lisan Pengajaran Fath Al-Mu In Banten. Diedit oleh Mukthar. 1 ed. Banten: A - Empat Anggota Ikapi, 2022.

Meisarah, Fitria, dan dkk. Dunia Pendidikan Indonesia Menuju Era Revolusi 4.0. 1 ed. Maluku: CV. AA. Rizky Dengan Forum Dosen Indonesia (FDI) Maluku, 2020.

Montessori, Maria. Maria Montessori Penemu Metode Montessori. Diedit oleh DwinaVidya Paramita. 1 ed. Yogyakarta: Bentang Anggota Ikapi, 2020.

Nofianti, Rita. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Diedit oleh Ria Astuti. 1 ed. Tasikmalaya: EDU PUBLISHER, 2021.

Nyoman, I Sudirman. Modul Karakterisitik dan Kometensi Anak Usia Dini. Diedit oleh Kadekh Visakha. 1 ed. Bali: NILACAKRA, 2021.

Suryana, Dadan. Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. 1 ed. Jakarta: KENCANA, 2021.

Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Diedit oleh Y Rendy. 1 ed. Jakarta: KENCANA, 2011.

Widodo, Hery. Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. Diedit oleh Yuni Winarti. Semarang: ALPRIN, 2019.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-25

Cara Mengutip

Pratama, H. P., & Zasa, E. U. (2024). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. JURNAL KADESI, 7(1), 91-113. https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v7i1.106