Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v7i1.106Kata Kunci:
PAUD; Media; Strategi PembelajaranAbstrak
Media Pembelajaran merupakan Perantara dalam menyampaikan informasi atau isi daripada tujuan pembelajaran. Pentingnya menggunakan dan memilih media yang efektif untuk mendukung berjalannya proses pembelajaran secara efisien. Berhasilnya sebuah tujuan dari pada pembelajaran tergantung media yang digunakan dan yang menggunakan. Dalam menerapkan metode pembelajaran guru sebagai pemeran utama harus menjadi media yang efektif dalam menyampaikan pembelajaran. Dengan demikan Guru juga perlu memperhatikan penggunaan media lainnya dalam pembelajaraan khususnya pada anak usia dini. Pada tahap usianya yang dikatakan golden age, dimana anak-anak menyimpan informasi dengan baik dan menangkap berbagai hal dengan cepat. Peran Guru sebagai subjek dalam membimbing siswa, khususnya anak usia dini dalam penggunaan media pembelajaran yang efektif dan memastikan bahwa materi yang diperkenalkan sesuai ketentuan dan tujuan dari pada pembelajaran yang terkandung pada kurikulum PAUD. Artikel ini bertujuan untuk menawarkan media pembelajaran yang menarik, unik dan tidak membosankan dikalangan anak-anak saat belajar sambil bermain dan menjadi salah satu modul ajar yang dapat diterapkan oleh guru saat pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dari penulisan artikel ini hasil yang diperoleh adalah anak usia dini dan guru serta orangtua dapat menerapkan pembelajaran yang asyik dan menarik saat berhadapan dengan anak. Oleh karena itu, media pembelajaran dan stategi pembelajaran yang efisien diharapkan membantu anak usia dini dalam belajar seperti: Edutaintment, Storytelling, Ekpositori dan berbasis masalah:
Referensi
Aggito, Albi Setiawan, Johan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Diedit oleh Ella Lestari Deffi. 1 ed. Bojong Genteng: CV Jejak, 2018.
Fadlillah, M, dan dkk. EDUTAINMENT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif, dan Menyenangkan. 1 ed. Rawamangun: KENCANA, 2016.
Handayani, Naomi, dan dkk. Pengembangan Model Pembelajaran. Diedit oleh Rina Septanti Dewi dan dkk. 1 ed. Magelang: Penerbit Pustaka Rumah C1inta, 2021.
Herlina, Elin, dan dkk. Strategi Pembelajaran. Diedit oleh Agustianti, Rifka dan Hamdani. 1 ed. Makassar: CV. Tohar Media, 2022.
Hermayani, Sitti Kaif, dan dkk. Strategi Pembelajaran (Macam-Macam Strategi Pembelajaran Yang Dapat Diterapkan Guru). Diedit oleh Hotimah NovitaSari. 1 ed. Surabaya: Innofast Publishing, 2022.
Mahrusillah, Mohamad. Fiqh Neurostorytelling Tradisi Lisan Pengajaran Fath Al-Mu In Banten. Diedit oleh Mukthar. 1 ed. Banten: A - Empat Anggota Ikapi, 2022.
Meisarah, Fitria, dan dkk. Dunia Pendidikan Indonesia Menuju Era Revolusi 4.0. 1 ed. Maluku: CV. AA. Rizky Dengan Forum Dosen Indonesia (FDI) Maluku, 2020.
Montessori, Maria. Maria Montessori Penemu Metode Montessori. Diedit oleh DwinaVidya Paramita. 1 ed. Yogyakarta: Bentang Anggota Ikapi, 2020.
Nofianti, Rita. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Diedit oleh Ria Astuti. 1 ed. Tasikmalaya: EDU PUBLISHER, 2021.
Nyoman, I Sudirman. Modul Karakterisitik dan Kometensi Anak Usia Dini. Diedit oleh Kadekh Visakha. 1 ed. Bali: NILACAKRA, 2021.
Suryana, Dadan. Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. 1 ed. Jakarta: KENCANA, 2021.
Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Diedit oleh Y Rendy. 1 ed. Jakarta: KENCANA, 2011.
Widodo, Hery. Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. Diedit oleh Yuni Winarti. Semarang: ALPRIN, 2019.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 JURNAL KADESI
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access Policy & License
All research articles published in JURNAL KADESI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen are fully open access: immediately freely available to read, download and share. Articles are published under the terms of aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits use, distribution and reproduction in any medium, provided the original work is properly cited.
Definition of Open Access Publication from Bethesda Statement on Open Access Publishing: An Open Access Publication [1] is one that meets the following two conditions:
- The author(s) and copyright holder(s) grant(s) to all users a free, irrevocable, worldwide, perpetual right of access to, and a license to copy, use, distribute, transmit and display the work publicly and to make and distribute derivative works, in any digital medium for any responsible purpose, subject to proper attribution of authorship, as well as the right to make small numbers of printed copies for their personal use.
- A complete version of the work and all supplemental materials, including a copy of the permission as stated above, in a suitable standard electronic format is deposited immediately upon initial publication in at least one online repository that is supported by an academic institution, scholarly society, government agency, or other well-established organization that seeks to enable open access, unrestricted distribution, interoperability, and long-term archiving.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.