PENGARUH GADGET DAN PERTUMBUHAN KEROHANIAN REMAJA SMP ADVENT BARUSJULU DI MASA PANDEMI COVID-19 BERDASARKAN ULANGAN 6:7
DOI:
https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v4i1.12Kata Kunci:
Gadget, Pertumbuhan Kerohanian, Ulangan 6:7Abstrak
Latar belakang dilaksannya penelitian ini, melihat anak remaja yang selalu menggunakan gadget baik dalam belajar maupun dalam waktu santai, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan gadget dikalangan remaja dan melihat pertumbuhan kerohanian remaja selama pandemi covid-19 dilingkungan SMP Advent Barusjulu berdasarkan Ulangan 6:7. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini kualitatif dan deskriptif dengan melakukan wawancara kepada 124 remaja yang bersekolah di SMP Advent Barusjulu untuk menguatkan hasil analisis kualitatif . Hasil dari penelitian ini lebih banyak waktu yang digunakan remaja untuk bermain gadget daripada berdoa dan membaca Alkitab. Disaat menjelang tidur, remaja lebih banyak menggunakan waktu untuk bermain gadget untuk membuka media sosial dan aplikasi lainnya dan lupa untuk berdoa dan pada waktu bangun tidur hal pertama yang dilakukan remaja adalah membuka gadgetnya yang mengakibatkan mereka lupa untuk berdoa. Implikasi penelitian ini agar orang tua berperan untuk menolong dan membimbing anak-anak mereka membagi waktu dalam bermain gadget dan membaca dan menyelidiki firman Tuhan supaya tingkat kerohanian remaja dapat meningkat. Guru Agama Kristen juga memiliki peranan dalam mengarahkan anak remaja SMP Advent Barusjulu untuk meningkatkan pertumbuhan kerohanian.
Referensi
Alkitab Digital | Lembaga Alkitab Indonesia. (n.d.). Retrieved August 18, 2021, from https://www.alkitab.or.id/alkitab/alkitab-digital
Arifin, F. A. R., & Tjahjono, A. B. (2019). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Akhlak Anak Di Keluarga The Role Of Parents In The Childs Moral Education In The Family. Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (Kimu) 2, 456464.
Broto Gatot S. Dewa. (2014). Kementerian Komunikasi dan Informatika. Kepala Pusat Informasi Dan Humas Kementerian Kominfo. https://kominfo.go.id/content/detail/3834/siaran-pers-no-17pihkominfo22014-tentang-riset-kominfo-dan-unicef-mengenai-perilaku-anak-dan-remaja-dalam-menggunakan-internet/0/siaran_pers
Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315330. https://e-resources.perpusnas.go.id:2093/doi/abs/10.1142/S0192415X20500500
Gayel, A., Hutagalung, S., & Ferinia, R. (2021). Tantangan Mendidik Anak-Anak Pendeta di Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) DKI Jakarta Melalui Penerapan Disiplin dan Keteladanan. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2(1). https://doi.org/10.47530/edulead.v2i1.52
Hudaya, A. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik. Research and Development Journal of Education, 4(2). https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380
Alkitab Digital | Lembaga Alkitab Indonesia. (n.d.). Retrieved August 18, 2021, from https://www.alkitab.or.id/alkitab/alkitab-digital
Arifin, F. A. R., & Tjahjono, A. B. (2019). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Akhlak Anak Di Keluarga The Role Of Parents In The Childs Moral Education In The Family. Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (Kimu) 2, 456464.
Broto Gatot S. Dewa. (2014). Kementerian Komunikasi dan Informatika. Kepala Pusat Informasi Dan Humas Kementerian Kominfo. https://kominfo.go.id/content/detail/3834/siaran-pers-no-17pihkominfo22014-tentang-riset-kominfo-dan-unicef-mengenai-perilaku-anak-dan-remaja-dalam-menggunakan-internet/0/siaran_pers
Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315330. https://e-resources.perpusnas.go.id:2093/doi/abs/10.1142/S0192415X20500500
Gayel, A., Hutagalung, S., & Ferinia, R. (2021). Tantangan Mendidik Anak-Anak Pendeta di Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) DKI Jakarta Melalui Penerapan Disiplin dan Keteladanan. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2(1). https://doi.org/10.47530/edulead.v2i1.52
Hudaya, A. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik. Research and Development Journal of Education, 4(2). https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380
Hutagalung, Stimson, Bartholomeus D.Nainggolan, A. cesarianto H. (2021). Konsling Pastoral. Penerbit Yayasan Kita Menulis. Copyright ? Yayasan Kita Menulis, 2021%0A
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2O2O, 021, 120.
Kolibu, D. R., & Rantung, D. A. (2019). Hubungan Pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen Dan Peran Pendeta Dengan Pertumbuhan Rohani Jemaat Gsja GSJA Kalimantan Tengah. Jurnal Shanan, 3(1), 133. https://doi.org/10.33541/shanan.v3i1.1571
Marlina Deli. (n.d.). Dua Sisi Gadget Pada Masa Pandemi STIT Al-Kifayah Riau. Retrieved August 16, 2021, from https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/dua-sisi-gadget-pada-masa-pandemi/
Mzm 23:2-4 (TB) - Tampilan Daftar Ayat - Alkitab SABDA. (n.d.). Retrieved August 18, 2021, from https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Mzm 23:2-4&tab=text
Patiri Abstrak, L. (2018). Pengaruh Pemakaian Teknologi Komunikasi Terhadap Pertumbuhan Rohani Remaja Umur 12-17 Tahun Di Gereja KIBAID Jemaat Dirgantara Makassar. 3744. http://techno.okezone.com/read/2015/09/19/57/1217340/2015-pengguna-smartphone-di-
Tandean, John Jolf; Nainggolan,Batolomeul Dias; Hutagalung, S. (2021). Pandemic Covid-19, Health Literature and Great Commission Pandemi Covid 19, Literatur Kesehatan dan Amanat Agung. 111.
Telnoni, B., Cindy, A., Ladi, D., Magister, M. P., Uki, M., Mahasiswa, J., Pak, P., Uki, F., & Benyamin93, J. (2020). Peran Komunikasi Dalam Keluarga Kristen Berdasarkan Ulangan 6:7. REAL DIDACHE: Journal of Christian Education, 1(1), 1824. https://ojs.sttrealbatam.ac.id/index.php/didache/article/view/72
Ulangan 6:7 | Terjemahan Baru. (n.d.). Retrieved August 17, 2021, from https://alkitab.me/in-tb/Ulangan/6/7
White, E. G. (2005). Membina anak yang bertanggung jawab. Indonesia Publising House. 5
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 JURNAL KADESI
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access Policy & License
All research articles published in JURNAL KADESI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen are fully open access: immediately freely available to read, download and share. Articles are published under the terms of a?Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License?which permits use, distribution and reproduction in any medium, provided the original work is properly cited.
Definition of Open Access Publication from Bethesda Statement on Open Access Publishing: An Open Access Publication [1] is one that meets the following two conditions:
- The author(s) and copyright holder(s) grant(s) to all users a free, irrevocable, worldwide, perpetual right of access to, and a license to copy, use, distribute, transmit and display the work publicly and to make and distribute derivative works, in any digital medium for any responsible purpose, subject to proper attribution of authorship, as well as the right to make small numbers of printed copies for their personal use.
- A complete version of the work and all supplemental materials, including a copy of the permission as stated above, in a suitable standard electronic format is deposited immediately upon initial publication in at least one online repository that is supported by an academic institution, scholarly society, government agency, or other well-established organization that seeks to enable open access, unrestricted distribution, interoperability, and long-term archiving.
?
This work is licensed under a?Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.