Pengaruh Suasana Kelas yang Kondusif dan Berbasis Iman terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SD Kania Tangerang Banten

Penulis

  • Yoser Yoli Wallangara Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (Setia) Jakarta
  • Stenly Reinal Paparang Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (Setia) Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v7i2.131

Kata Kunci:

Suasana kelas, berbasis iman, motivasi belajar, Pendidikan Agama Kristen, siswa SD, Kabupaten Tangerang, lingkungan belajar.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suasana kelas yang kondusif dan berbasis iman terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SD Kania Tangerang, Banten. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya pendidikan agama Kristen dalam pembentukan karakter dan spiritualitas siswa, serta kebutuhan akan motivasi belajar yang tinggi untuk mendukung keberhasilan proses pembelajaran. Suasana kelas yang positif dan bernuansa iman diyakini dapat meningkatkan kenyamanan, partisipasi, dan semangat siswa dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan analisis statistik korelasi serta regresi. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada 68 siswa, kemudian dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS 26 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara suasana kelas dan motivasi belajar siswa dengan nilai korelasi r = 0,381 dan p = 0,001. Selain itu, suasana kelas menyumbang sebesar 14,5% terhadap variasi motivasi belajar siswa. Temuan ini memperlihatkan bahwa suasana kelas yang kondusif dan berbasis iman, ditandai dengan interaksi positif antara guru dan siswa serta penerapan nilai-nilai kekristenan dalam pembelajaran, memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merekomendasikan agar pendidik terus menciptakan lingkungan belajar yang mendukung secara fisik, psikologis, dan spiritual, guna mendorong siswa bertumbuh dalam iman dan semangat belajar yang tinggi.

Referensi

Agustin, M., R. Setiyadi, and R. D. Puspita. “Burnout Profile Of Elementary School Teacher Education Students (Estes): Factors And Implication Of Guidance And Counseling Services.” PrimaryEdu - Journal of Primary Education 4, no. 1 (2020): 38. https://doi.org/10.22460/pej.v4i1.1640.

Arianti. “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 12, no. 2 (2019).

———. “Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 11, no. 1 (2019): 61.

Br Karo, Mestiana. Motivasi Belajar. Yogyakarta: PT Kanisius, 2020.

Frangki, Bangau. Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Siswa. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia, 2024.

Hermawan, Eric and dkk. Buku Ajar Penelitian Kuantitatif. Purbalingga: Eueka Media Aksara, 2022.

Hermawan, Iwan. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif Dan Mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan, 2019.

J, Anthony Michael. Fondasi Pendidikan Abad 21. Malang: Gandum Mas, 2017.

Jatiyasa, I Wayan, Taufqulloh Dahlan, Akbar Iskandar, I Komang Mertayasa, Sulkipani, Musyarrafah Sulaiman Kurdi, and Muyasaroh. Guru Membangun Kelas Aktif Dan Inspiratif. Makassar: Cendekiawan Inovasi Digital Indonesia, 2024.

Jumrawarsi, and Neviyarni Suhaili. “Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif.” Ensiklopedia Education Review 2, no. 3 (2020): 52.

Kolibu, Roy Dirk. Teologi Pendidikan Agama Kristen: Buku Materi Pembelajaran. Jakarta: UKI, 2019.

Kurniawan, Deni. “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa Di Sekolah Dasar,” 5:373, 2022.

Lisa, Hada Kharisma and et al. “Pengembangan Media Pembelajaran Blabak Trarerodi Pada Materi Geometri Transformasi: Tahap Expert Review.” Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus) 4, no. 2 (2021): 157.

Loloangin, Glorya. “Pentingnya Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Guru PAK.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 5, no. 1 (2023): 5725.

Marsaulina, Roce. Pengantar Pendidikan Agama Kristen. Edited by Stenly R Paparang and Rajiman Andrianus Sirait. Luwuk: Pustaka Star’s Lub, 2022.

Masni, H. “Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa.” Jurnal Ilmiah Dikdaya, 2017.

Masni, Harbeng. “Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa.” Jurnal Ilmiah Dikdaya 5, no. 1 (2017).

Mes, Melyar and et al. “Strategi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membangun Lingkungan Belajar Yang Kondusif.” Discreet: Journal Didache of Christian Education 2, no. 2 (2022): 87. https://doi.org/10.52960/jd.v2i2.150.

Mustika, Zahara. “Urgenitas Media Dalam Mendukung Proses Pembelajaran Yang Kondusif.” CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro 1, no. 1 (2015): 60.

Nugraha, Moh. Fahmi and dkk. Pengantar Pendidikan Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Tasikmalaya: Edu Publisher, 2020.

Pongoh, Fernando Dorothius. “Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Pendidikan Agama Kristen.” Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan 14, no. 1 (2023): 1–6.

Saingo, Yakobus Adi. “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di SD Inpres Lili.” Apostolos: Journal of Theology and Christian Education 3, no. 1 (2023).

———. “Mewujudkan Iklim Belajar Kondusif Melalui Sinergitas Kepala Sekolah Dan Guru Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah Menengah Kejuruan Kristen Soe.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja 7, no. 2 (2023): 152–71.

Sidjabat, B.S. Strategi Pendidikan Kristen: Suatu Tinjauan Teologis-Filosofis. Yogyakarta: Yayasan ANDI, 1994.

Simatupang, Hasudungan, Ronny Simattupang, and Tianggur Medi Napitupulu. Pengantar Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: Andi, 2020.

Sinaga, Janes. “FUNGSI GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI SEKOLAH KRISTEN.” SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen. Sekolah Tinggi Teologi Sabda Agung, 2021. https://doi.org/10.53687/sjtpk.v3i1.65.

Siregar, Jundo Parasian. “Pengembangan Watak Kristen Melalui Pengampunan.” IMMANUEL: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen. Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara, 2020. https://doi.org/10.46305/im.v1i1.5.

Triwiyanto, Teguh. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Umamy, Etty, Indria Kristiawan, and Khoirus Efendiy. Membangun Kreativitas: Peran Karakter, Motivasi Dan Lingkungan. Bali: Intelektual Manifes Media, 2024.

Uno, H B. Teori Motivasi Dan Pengukurannya: Analisis Di Bidang Pendidikan. books.google.com, 2021.

Yolanda, Febrita, and Maria Ulfah. “Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” Vol. 5, 2019.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-06-09

Cara Mengutip

Wallangara, Y. Y., & Paparang, S. R. (2025). Pengaruh Suasana Kelas yang Kondusif dan Berbasis Iman terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SD Kania Tangerang Banten. JURNAL KADESI, 7(2), 161-184. https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v7i2.131

Terbitan

Bagian

Articles