Implementasi Pola Misi Pengajaran Rasul Paulus Berdasarkan Roma 11:11-24

Penulis

  • Two Mei Lestari Telaumbanua Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor
  • Martha Mulyani Kurniawan Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor
  • Yuliani Yuliani Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor

DOI:

https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v8i1.150

Kata Kunci:

Misi Paulus; Roma 11:11-24; penginjilan

Abstrak

Artikel ini mengkaji implementasi pola misi pengajaran Rasul Paulus dalam Roma 11:11-24 dan relevansinya dalam pelayanan misi kepada anak-anak khususnya yang belum mengenal Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat. Melalui pendekatan teologis, ditemukan bahwa di dalam strategi misi Rasul Paulus menyatakan kasih karunia Allah yang tak berkesudahan di mana Allah menyediakan keselamatan bagi yang mau percaya dan bertobat. Orang percaya diutus Allah untuk memberitakan keselamatan yang telah dikerjakan oleh Allah sendiri melalui dan di dalam Yesus Kristus dan sekarang menjadi tugas kita sebagai orang percaya untuk memberitakannya kepada mereka yang belum percaya. Karena dosa manusia mengalami kerusakan total berartinya manusia tidak lagi mampu mengalami kebajikan, manusia semata-mata melakukan dosa, mengalami penyelewengan, tidak ada yang berbuat baik dan tidak lagi berguna. Jelaslah bahwa dari fakta ini, manusia membutuhkan Injil yaitu Allah sendiri untuk menyelamatkan sebab hanya kekuatan Allahlah yang menyelamatkan setiap orang yang mau percaya (Roma 1:16-17). Yesus telah menjadi pendamai dan penebus dosa manusia. dan setiap orang yang percaya akan hal itu akan memperoleh kehidupan kekal di dalam Yesus Kristus

 

Referensi

Anggraini Nidia dan Dominggus Dicky, Mengajarkan Sikap Patriotisme Melalui Pemaknaan Roma 9:3. Jurnal Teologi Pentakosta 1, No.2, 2020.

C. Tenney Merrill, Survei Perjanjian Baru. Malang: Gandum Mas, 1997.

Carson D. A dan J. Moo Douglas, An Introduction to The New Testament. Malang: Gandum Mas, 2016.

D. Davies William, Jewish And Pauline Studies. SPCK: 1998.

Drane John, Memahami Perjanjian Baru. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.

Garroway Joshua, Paul’s Gentile-Jews: Neither Jew Nor Gentile, But Both. New York: Palgrave Macmillan, 2012.

Gulo W, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo, 2008.

Guthrie Donald, Pengantar Perjanjian Baru. Surabaya: Momentum, 2013.

Humaniora Christian, Strategi Misi Rasul Paulus Dalam Pekabaran Injil. Jurnal Teologi, Vol. 5, No. 2, 2021.

J. Hultgren Arland, Paul’s Letter To The Romans: A Commentary. Wm. B: Eerdmans Publishing, 2011.

J. Moo Douglas, The Epistle To The Romans, New International Commentary On The New Testament. Grand Rapids, MI, USA: Eerdmans, 1996.

J. Schnabel Eckhard, Rasul Paulus Sang Misionaris. Yogyakarta: Inter Vasity Press, 2008.

Jewett Robert, Jay Epp Eldon and David Kotansky Roy, Romans: A Commentary, Hermeneia. Minneapolis, MN: Fortress Press, 2006.

Kalvin Wenno Vincet dan Apriliana Ruimasa Aleta, Keselamatan Bagi Tunas Liar: Tafsiran Terhadap Alegori Keselamatan Dalam Roma 11:11-24” Jurnal Teologi Vol. 7, No. 1, 2021.

Karman Yonky, Bunga Rampai Teologi Perjanjian Lama. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015.

Ming David, Paulus Sang Pendidik. Jurnal Kadesi: Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, Vol. 4, No. 1, 2021.

Purwoto Paulus dan Rachmani Endang Sumiwi Asih, Pola Manajemen Penginjilan Paulus Menurut Kitab Kisah Para Rasul 9-28. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2020.

Utley Bob, Surat Paulus Kepada: Jemaat Roma. Texas: Bible Lessons International, 2010.

Wena Made, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-12-06

Cara Mengutip

Telaumbanua, T. M. L., Kurniawan, M. M. ., & Yuliani, Y. (2025). Implementasi Pola Misi Pengajaran Rasul Paulus Berdasarkan Roma 11:11-24. JURNAL KADESI, 8(1), 99-112. https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v8i1.150

Terbitan

Bagian

Articles