Pengaruh Intensitas Interaksi Sosial Media Bermuatan Kristiani Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SMPN 1 Cikampek

Penulis

  • Juni Wesly STT Kadesi Bogor
  • Sugiat Sugiat Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor

DOI:

https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v8i1.151

Kata Kunci:

intensitas interaksi, media sosial, konten Kristiani, pembentukan karakter, peserta didik, SMPN 1 Cikampek.

Abstrak

Media sosial dan remaja merupakan hal yang tidak terpisahkan. Tidak dipungkiri, kecanggihan fitur yang terdapat pada berbagai gawai telah membuat segenap pemikiran dan kegiatan setidaknya bersentuhan dengan gawai. Kehidupan rohani jemaat Kristen termasuk usia remaja, sering kali dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal, termasuk media sosial, maka dari itu diperlukan penelitian untuk mengetahui intensitas interaksi media sosial bermuatan Kristiani terhadap perkembangan karakter peserta didik. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan sumber data primer diperoleh dari hasil kuesioner dari sampel yaitu seluruh peserta didik beragama Kristen di SMPN 01 Cikampek, data yang diperoleh dari isian kuesioner dianalisis dengan uji validitas, reliabilitas, dan korelasi antar variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejumlah 22 (61%) sampel sering mengakses konten Kristen, Hasil korelasi menunjukkan hasil 0,369 dengan nilai signifikansi 0,027, hal ini menunjukkan adanya hubungan yang kuat dan siginifikan bahwa peserta didik yang sering mengakses konten Kristen memiliki perkembangan karakter yang baik. Jika media sosial digunakan secara bijak dan terarah secara cukup untuk konten Kristen maka perkembangan karakter menjadi baik.

Referensi

Adnyana, I. M. D. M. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Edited by T. S. Tambunan. Bandung: CV Media Sains Indonesia, 2021.

Arikunto, Suharsimi. Metode Penelitian R&D. Bandung: CV Alfabeta, 2016.

Awang, J. A., I. S. P. Prayitno, and J. D. Engel. “Strategi Pendidikan Agama Kristen bagi Remaja dalam Membentuk Konsep Diri guna Menghadapi Krisis Identitas akibat Penggunaan Media Sosial.” Kharismata: Jurnal Teologi Pantekosta 4, no. 1 (2021): 98–114.

Badan Pusat Statistik. Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) 2022. Jakarta: Badan Pusat Statistik, 2022.

Bitanti, Ilo Maila. Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial terhadap Religiusitas Peserta Didik di MAN Negeri 1 Natar. Lampung: UIN Raden Intan Lampung, n.d.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2015.

———. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26. 10th ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2021.

Ginanjar, Syamsuar. Modul Workshop Statistik (EKM235): Analisis Data Non-Parametrik. Jakarta: STIE Indonesia Jakarta, 2020.

Gustia, I., and M. Yuria. “Dampak Media Sosial di Masa Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Seksual Remaja.” Sembadha 2 (2021): 304–308.

Junaedi, Fajar. Etika Komunikasi di Era Siber: Teori dan Praktik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2019.

Kolang, and Yesika. “Pendidikan Agama Kristen Remaja dan Aktualisasi Diri Menurut Abraham Maslow terhadap Pembangunan Mental Remaja di Era Society 5.0.” Jurnal Apokalupsis 15, no. 1 (June 2024).

Nasrullah, Rulli. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta, 2015.

———. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2021.

———. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: CV Rosdakarya, 2021.

Supratman, L. P. “Penggunaan Media Sosial oleh Digital Native.” Jurnal Ilmu Komunikasi 15, no. 1 (2018): 47–60.

Yuniarti, Zulfa. Riset: Benarkah Media Sosial Berpengaruh terhadap Rentang Fokus Remaja? Bandung: Indonesia Heritage Foundation, 2025.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-12-06

Cara Mengutip

Wesly, J., & Sugiat, S. (2025). Pengaruh Intensitas Interaksi Sosial Media Bermuatan Kristiani Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SMPN 1 Cikampek. JURNAL KADESI, 8(1), 113-132. https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v8i1.151

Terbitan

Bagian

Articles