Integrasi Mandat Budaya Ke Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Melalui Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning

Penulis

  • Jenet selfiani sakey Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (Setia) Jakarta
  • Lila S Silalahi Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (Setia) Jakarta
  • Mortan Sibarani Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (Setia) Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v8i1.166

Kata Kunci:

kata kunci: Mandat  Budaya; Contextual Teaching and Learning; Pendidikan Agama Kristen

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingya upaya peningkatan kualitas pembelajaran pendidikan agama Kristen (PAK) yang mampu mengembangkan potensi peserta didik secara holistik melalui pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman mandat budaya. Strategi pembelajaran CTL ini bertujuan untuk mengintegrasikan pemahaman mandat budaya dengan konteks kehidupan nyata peserta didik guna mencapai pembelajaran yang efektif dan bermakna. Metode kualitatif adalah metode yang akan digunakan dalam penelitian ini, data diperoleh melalui study kepustakaan dengan memanfaatkan berbagai sumber literatur yang dapat menjawab tujuan dari penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bawhwa penerapan strategi pembelajaran CTL dapat meningkakan keterlibatan dan pemahaman peserta didik terhadap mandat budaya serta memperkuat relevansi materi pembelajaran PAK dalam kehidupan sehari-hari. Kata-

Referensi

Amalia Yunia Rahmawati. “TRADISI BANU SEBAGAI SUMBER INSPIRASI DALAM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN UNTUK MENGATASI KRISIS EKOLOGI” 4, no. July (2020): 1–23.

Ardiawan, I Ketut, and Komang Diari. “Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar 5, no. 1 (2020): 12.

Binti Yusup, Wirastiani. “Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2022): 19–22. https://doi.org/10.54170/harati.v2i1.93.

Hapsarini, Deslana Roidja, and Yendri Wati Pige. “Pemahaman Peserta Didik Tentang Mandat Budaya Dalam Kejadian 1:28 Terhadap Kepedulian Lingkungan.” ELEOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2021): 42. https://doi.org/10.53814/eleos.v1i1.4.

Karlau, Sensius Amon. “Penciptaan Manusia Sebagai Representatif Allah Untuk Mewujudkan Mandat Budaya Berdasarkan Kejadian 1:26-28.” Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi 5, no. 1 (2022): 123–25. https://doi.org/10.47457/phr.v5i1.265.

Kasmawati, Kasmawati, Nur Khalisah Latuconsina, and Andi Ika Prasati Abrar. “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar.” Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan 5, no. 2 (2017): 70–71. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/view/3482/3911.

khoerul ummah. “‘Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas VIII SMP Swasta Free Methodist-1 Medan’.” ????, no. 8.5.2017 (2022): 3–5.

Maharani, Ernauli Marbun. “Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Berbasis Contextual Teaching and Learning Terhadap Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik” 1, no. 4 (2016): 5.

Mestika Zed. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.

Pranoto, David Susilo. “Manna Rafflesia.” Sekolah Tinggi Teologi Arastamar Bengkulu 3, 1, no. Pelayanan Penyebaran Injil Berdasarkan 2 Korintus 6:1-10 (2016): 3.

Simamora, Mei Dewi, Meditatio Situmorang, Andrianus Nababan, and Lince Sihombing. “Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar PAK Dan Budi Pekerti Siswa SMP Negeri 1 Siempat Nempu Hulu Kabupaten Dairi” 5, no. 2 (2023): 2–3.

Siramba, F. “Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Kristen Melalui Model Pembelajaran Kontekstual.” Jurnal Kewarganegaraan 6, no. 2 (2022): 4189–92. http://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/3685.

Sugarto, Toto. Contextual Teaching And Learning. Edited by Cive Mine. Bantul, 2020.

Suhandi, Andi, and Dini Kurniasri. “Meningkatkan Kemandirian Siswa Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Di Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 4, no. 1 (2019): 125–27. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6972.

Suharsaputra, Uhar. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Tujuan. Bandung: Refika Aditama, 2012.

Togap Siburian. “Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Melalui Pendekatan Kontekstual ( Contextual Teaching and Learning / CTL ) Pada Siswa Kelas IV Dan V Di SD HKBP Maranatha.” Jurnal Pendidikan Dan Teologi 2, no. 2 (2020): 1.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-12-06

Cara Mengutip

sakey, J. selfiani ., Silalahi, L. S., & Sibarani, M. . (2025). Integrasi Mandat Budaya Ke Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Melalui Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning. JURNAL KADESI, 8(1), 179-194. https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v8i1.166

Terbitan

Bagian

Articles