UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI CIBOJONG
DOI:
https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v6i1.76Kata Kunci:
ningkatan Kualitas; Penyelenggara Pendidikan.Abstrak
Pendidikan sekolah dasar sangat penting bagi kehidupan Warga Negara Indonesia sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar 1945. Bidang Pendidikan pasal 31 tentang Hak dan Kewajiban Warga. Negara Indonesia. Pendidikan sekolah dasar merupakan awal pembekalan dan pemberian pengetahuan mulai dari membaca tentang pengetahuan alam, sejarah, bahasa, berhitung dan lain sebagainya. Dengan bekal pengetahuan tersebut dapat membuat anak-anak berpengetahuan atau pintar, mereka akan mengerti mengenai tulis baca, mengetahui sejarah, pengetahuan alam, berhitung/matematika dan sebagainya. Dengan bekal pengetahuan tersebut anak-anak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi apabila mereka telah lulus atau tamat dari
sekolah dasar. Karena itu bekal pengetahuan dasar sangat penting dalam
melanjutkan pendidikan mereka dalam mencapai cita-citanya. Untuk memperoleh bekal pengetahuan tersebut harus melalui proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar dapat berjalan dengan optimal apabila didukung oleh 3 (tiga) unsur yaitu guru, siswa dan penyelenggara Kepala Sekolah, pegawai tata usaha dan pegawai sekolah. Dengan ketiga unsur tersebut, maka proses belajar mengajar dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan. Untuk mengetahui sejauhmana perkembangan dan kemajuan proses belajar mengajar, maka setiap triwulan, semester dan tahunan setiap sekolah harus membuat laporan kegiatan di setiap sekolah. Dengan adanya laporan triwulan, semester dan tahunan dari sekolah- sekolah tersebut dapat diketahui kemajuan dan perkembangan sekolah dasar tersebut baik perihalo guru, siswa dan sekolah tersebut. Karena dalam laporan tersebut harus berisikan tentang keadaan guru, siswa, sekolah dan lainnya yang dianggap perlu. Peningkatan pengetahuan siswa sekolah dasar sangat penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia dimasa datang baik di bidang iilmu pengetahuan maupun teknnologi yang maju dengan pesatnya. Dengan kualitas sumber daya manusia Indonesia tersebut, maka Indonesia akan menjadi Negara kuat dan maju serta disegani oleh dunia internasional.
Referensi
Darling-Hammond, L, and N Richardson. “Teacher Learning: What Matters?” Educational leadership 66, no. 5 (2009): 46–53.
Epstein, J. L. School, Family, and Community Partnerships: Preparing Educators and Improving Schools. Routledge, 2018.
Ingersoll, R M, and M Strong. “The Impact of Induction and Mentoring Programs for Beginning Teachers: A Critical Review of the Research.” Review of educational research 81, no. 2 (2011): 201–233.
Marsaulina, Roce. Pengantar Pendidikan Agama Kristen. Edited by Stenly R Paparang and Rajiman Sirait. Luwuk: Pustaka Star’s Lub, 2022.
Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Pinar, W. F. “Curriculum Studies in the United States: Present Circumstances, Intellectual Histories.” Curriculum Inquiry 42, no. 2 (2012): 287–311.
Sirait, Rajiman Andrianus, Maria Titik Windarti, and Timotius Sukarna. “An Analysis of Education within Batak Society: A Gendered and Biblical Perspective.” Berumpun: International Journal of Social, Politics, and Humanities 6, no. 1 (2023): 45–60. https://mail.berumpun.ubb.ac.id/index.php/BRP/article/view/86.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.
Wiles, J, and J. C Bondi. Curriculum Development: A Guide to Practice. Pearson, 2019.
Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 2005 tentang Standard Nasional Pendidik.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional;
Undang-Undang 1945 Bidang Pendidikan tentang Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia pasal 31;
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 JURNAL KADESI
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access Policy & License
All research articles published in JURNAL KADESI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen are fully open access: immediately freely available to read, download and share. Articles are published under the terms of aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits use, distribution and reproduction in any medium, provided the original work is properly cited.
Definition of Open Access Publication from Bethesda Statement on Open Access Publishing: An Open Access Publication [1] is one that meets the following two conditions:
- The author(s) and copyright holder(s) grant(s) to all users a free, irrevocable, worldwide, perpetual right of access to, and a license to copy, use, distribute, transmit and display the work publicly and to make and distribute derivative works, in any digital medium for any responsible purpose, subject to proper attribution of authorship, as well as the right to make small numbers of printed copies for their personal use.
- A complete version of the work and all supplemental materials, including a copy of the permission as stated above, in a suitable standard electronic format is deposited immediately upon initial publication in at least one online repository that is supported by an academic institution, scholarly society, government agency, or other well-established organization that seeks to enable open access, unrestricted distribution, interoperability, and long-term archiving.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.