MENGIDENTIFIKASI PENGAJARAN YESUS MENURUT INJIL MATIUS 5-7 DAN APLIKASINYA BAGI GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
DOI:
https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v6i1.81Kata Kunci:
Pengajaran Yesus, Injil Matius 5-7, Pendidikan Agama KristenAbstrak
Setiap pengajaran dipilih dan digunakan sesuai dengan situasi dan kebutuhan para pendengarnya. Setiap pertemuan berbeda karena para guru memahami apa yang terdapat di dalam setiap individu secara umum maupun individual. Percakapan antara guru dan murid menunjukkan perubahan karakter murid dan membuatnya cepat tanggap. Melalui pengajaran semacam itu, dapat membimbing murid untuk memahami iman mereka melalui ajaran Yesus Kristus. Yesus adalah seorang guru yang mengajarkan kebenaran yang mampu mengembangkan karakter manusia kita. Prinsip pengajaran Yesus selalu berkaitan dengan pendidikan, dengan tujuan membentuk karakter seseorang dan menanamkan jiwa spiritual agar menjadi satu dengan pribadinya. Dalam pengajarannya, Yesus selalu menanamkan budaya Kristen. Ia juga menggunakan bahasa yang sesuai dengan pengalaman pribadi, isu-isu sosial, kebiasaan, kehidupan keluarga, dan konsepsi tentang agama.
Referensi
Belandina Jance. Profesionalisme Guru dan Bingkai Materi, Bandung: Bina Media Informasi, 2002.
Boehlke Robert R. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen, dari Plato sampai IG Loyola. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1990.
C. Tenney Merril. Survey Perjanjian Baru, Malang : Gandum Mas, 1995.
Ch. Abineno, Yesus Sang Mesias dan Sang Anak. Jilid 2, Jakarta : BPK Gunung Mulia, 1986.
Douglas, Ensiklopedia Alkitab Masa Kini Jilid I, Jakarta : Yayasan Bina Kasih, 1997.
Gerhard F Hasel. Teologi Perjanjian Lama : Masalah-masalah Pokok dalam Perdebatan Saat ini, Malang : Gandum Mas, 1992.
Henry Matthew. Tafsiran Injil Matius, Surabaya : Momentum, 1997.
Komkat. Menjadi Murid Yesus 5, Yogyakarta : Kanisius, 2004.
Kristanto Lilik Paulus. Prinsip dan Praktek PAK, Yogyakarta : ANDI, 2006.
Leks Stefan. Tafsiran Injil Matius. Jakarta: Penerbit Kanisius, 2000.
Nans Moh. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia, 1998.
Pierson Parker. Good News in Matthew, Collins : Fontana Book, 1976.
Roy Edkart. Mengkali Ulang Yesus Sejarah, Jakarta : BPK Gunung Mulia, 1996.
Sembiring M.K. Pedoman Penafsiran Alkitab Injil Matius, Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2008.
Setiawani Mary Go. Pembaharuan Mengajar, Bandung : Yayasan Kalam Hidup, 2012.
Sproul R. C. Dasar Iman Kristen, Malang: SAAT, 1997.
Stanley David M, Injil Matius, Yogyakarta : Kanisius, 1994.
Sumiyatiningsih Dien. Mengajar Dengan Kreatif, Yogyakarta : ANDI, 2006.
Tehubijuluw Florentina K. Metogologi Penelitian : Cara Mudah Membuat Makalah Skripsi dan Disertasi, Tangerang: Matana Bina, 2014.
Theology Of Moral Dictionary.
Yuniar Tanti. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Dilengkapi Kosa Kata Baru, Untuk Pelajar, Mahasiswa dan Umum. Jakarta: Agung Media Mulia, 2019.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 JURNAL KADESI
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access Policy & License
All research articles published in JURNAL KADESI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen are fully open access: immediately freely available to read, download and share. Articles are published under the terms of aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits use, distribution and reproduction in any medium, provided the original work is properly cited.
Definition of Open Access Publication from Bethesda Statement on Open Access Publishing: An Open Access Publication [1] is one that meets the following two conditions:
- The author(s) and copyright holder(s) grant(s) to all users a free, irrevocable, worldwide, perpetual right of access to, and a license to copy, use, distribute, transmit and display the work publicly and to make and distribute derivative works, in any digital medium for any responsible purpose, subject to proper attribution of authorship, as well as the right to make small numbers of printed copies for their personal use.
- A complete version of the work and all supplemental materials, including a copy of the permission as stated above, in a suitable standard electronic format is deposited immediately upon initial publication in at least one online repository that is supported by an academic institution, scholarly society, government agency, or other well-established organization that seeks to enable open access, unrestricted distribution, interoperability, and long-term archiving.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.