Pengaruh Kehidupan Rohani Guru Pendidikan Agama Kristen Dan Implikasinya Terhadap Pertumbuhan Iman Peserta Didik Di SDN Semplak 2 Kota Bogor
DOI:
https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v6i2.88Kata Kunci:
Kehidupan Rohani Guru PAK; Pertumbuhan Iman Peserta Didik; ImplikasinyaAbstrak
Pendidikan agama Kristen di lingkungan sekolah memainkan peran sentral dalam membentuk karakter dan pertumbuhan spiritual peserta didik. Namun, guru pendidikan agama Kristen di SDN Semplak 2 Kota Bogor menghadapi berbagai tantangan, mulai dari faktor personal hingga dinamika sosial yang kompleks, yang dapat mempengaruhi efektivitas mereka dalam membimbing pertumbuhan iman peserta didik. Dalam penelitian ini, penulis akan mengidentifikasi beberapa aspek terkait dengan pendidikan agama Kristen di sekolah, karena masih adanya kesenjangan pengetahuan dalam hal dampak kehidupan rohani guru terhadap pertumbuhan iman peserta didik di SDN Semplak 2 Kota Bogor. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan tersebut dengan menganalisis pengaruh kehidupan rohani guru pendidikan agama Kristen dan implikasinya terhadap pertumbuhan iman peserta didik. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pengembangan kurikulum pendidikan agama Kristen yang lebih efektif serta membantu meningkatkan kompetensi guru dalam membimbing pertumbuhan spiritual peserta didik di lingkungan sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara dan observasi sebagai alat pengumpulan data. Responden penelitian terdiri dari guru pendidikan agama Kristen dan peserta didik di SDN Semplak 2. Hasil analisis data menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara kehidupan rohani guru dengan pertumbuhan iman peserta didik. Implikasi temuan ini menekankan pentingnya peran guru agama Kristen dalam membentuk karakter dan iman peserta didik di lingkungan sekolah tersebut. Studi ini dapat memberikan masukan penting bagi pengembangan kurikulum dan pembinaan guru agama Kristen di SDN Semplak 2 dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Kristen dan pertumbuhan iman peserta didik.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 JURNAL KADESI
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access Policy & License
All research articles published in JURNAL KADESI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen are fully open access: immediately freely available to read, download and share. Articles are published under the terms of a?Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License?which permits use, distribution and reproduction in any medium, provided the original work is properly cited.
Definition of Open Access Publication from Bethesda Statement on Open Access Publishing: An Open Access Publication [1] is one that meets the following two conditions:
- The author(s) and copyright holder(s) grant(s) to all users a free, irrevocable, worldwide, perpetual right of access to, and a license to copy, use, distribute, transmit and display the work publicly and to make and distribute derivative works, in any digital medium for any responsible purpose, subject to proper attribution of authorship, as well as the right to make small numbers of printed copies for their personal use.
- A complete version of the work and all supplemental materials, including a copy of the permission as stated above, in a suitable standard electronic format is deposited immediately upon initial publication in at least one online repository that is supported by an academic institution, scholarly society, government agency, or other well-established organization that seeks to enable open access, unrestricted distribution, interoperability, and long-term archiving.
?
This work is licensed under a?Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.