PENGARUH DIGITALISASI TERHADAP TUMBUH KEMBANG KARAKTER ANAK DI SD PELANGI KASIH BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v7i1.95Kata Kunci:
digitalisasi, pengaruh positif dan negatif, peran orang tuaAbstrak
Pertumbuhan digitalisasi yang semakin pesat telah memberi dampak yang sangat signifikan di semua kalangan, termasuk di kalangan anak-anak tingkat sekolah Dasar. Sejak usia batita, anak-anak sudah mengenal digitalisasi melalui gadget yang diperkenalkan oleh orang tuanya sendiri. Padahal tangan mereka masih terlalu kecil dan lemah untuk bisa memegang gadget. Perkenalan gadget yang masih terlalu dini telah mempengaruhi kejiwaan anak. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh digitalisasi terhadap tumbuh kembang karakter anak khususnya pada anak di SD Pelangi Kasih Bogor. Penelitian ini memakai metode penelitian kuantitatif dengan data diperoleh melalui kuisoner, wawancara serta pengamatan langsung kepada siswa selama di kelas. Sumber data kuisoner diambil dari sampel kelas 6 yang berjumlah 30 anak dari total 160 anak. Sedangkan wawancara dilakukan percakapan dengan orang tua wali murid kelas 6 baik secara langsung maupun tidak langsung melalui telpon maupun lewat pesan whatsApp. Terakhir pengamatan peneliti secara langsung kepada siswa selama di kelas. Dari sumber data yang diperoleh kemudian dianalisa sampai menghasilkan suatu penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi memang telah memberi pengaruh negatif dan positif pada tumbuh kembang karakter anak di SD Pelangi Kasih Bogor. Karakter dan sifat yang buruk melekat pada anak-anak yang memanfaatkan digitalisasi dengan tidak benar dan di dukung oleh orang tua yang memberi kebebasan saat bermain gadget. Sedangkan karakter dan sifat yang baik melekat pada anak-anak yang memanfaatkan digitalisasi dengan benar dan di dukung oleh orang tua yang memberi batasan saat bermain gadget. Peran orang tua sangat menentukan pembentukan karakter dan sifat anak.
Referensi
ANCAMAN CYBER PORNOGRAPHY TERHADAP ANAK-ANAK | Jurnal Moral Kemasyarakatan. (n.d.). Retrieved April 26, 2024, from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JMK/article/view/1529
Dampak Gangguan Digital pada Perkembangan Kognitif Anak akibat Handphone Android. (2024, February 15). Batu Menyan. https://www.batumenyan.desa.id/dampak-gangguan-digital-pada-perkembangan-kognitif-anak-akibat-handphone-android/
Dampak Negatif Gadget Bagi Anak-anak. (n.d.). Retrieved April 10, 2024, from https://diskominfo.kedirikab.go.id/baca/dampak-negatif-gadget-bagi-anakanak
Dewi, P. A. C. (2023). LITERASI DAMPAK DAN TANTANGAN DIGITALISASI BAGI ANAK USIA SEKOLAH. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 1389. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.15035
Dewi, S. Z., & Hilman, I. (2019). Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 48. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15100
Julita, M., & Yusuf, A. (n.d.). DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN GADGET PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 13 PONTIANAK.
KOTO, S. 1 D. (n.d.). PENGARUH ERA DIGITAL TERHADAP PENDIDIKAN. SMAN 1 DUA KOTO. Retrieved April 9, 2024, from https://sman1dk.sch.id/berita/pengaruh-era-digital-terhadap-pendidikan
Mandiri, L. T. (2023, August 7). Latticeman—Manfaat Digitalisasi dalam Industri Manufaktur. www.latticeman.com. https://www.latticeman.com/
Margin-Bottom: 0px; } .toppostinfo-Author, toppostinfo{ F.-S. 14px } toppostinfo-Author{, Black; } .toppostinfo-Author-Prefix, toppostinfo-A. a{ C., & Diterbitkan, toppostinfo-datetime-prefix{ font-weight: 600; } toppostinfo-datetime{ display: block; } toppostinfo-datetime-detail secondarydate{ display: none; position: absolute; } toppostinfo-datetime-detail secondarytoggle{ padding-right: 16px; cursor: pointer; } toppostinfo-datetime-detail secondarytoggle::after{ content: ’ ’; transition: all 3s ease; border-color: #ED3D80; border-width: 0 1px 1px 0; border-style: solid; transform: rotate; width: 8px; height: 8px; display: inline-block; position: relative; right:-8px; top:-4px; } toppostinfo-datetime secondaryactive secondarydate{ display: block; } toppostinfo-datetime secondaryactive secondarytoggle::after{ transform: rotate; top: 4px; } P. G. M. D. (n.d.). Fenomena “Coming Out” Artis dan Selebgram LGBT di Indonesia: Pengakuan Berujung Pro dan Kontra. KapanLagi.com. Retrieved April 26, 2024, from https://www.kapanlagi.com/showbiz/selebriti/fenomena-coming-out-artis-dan-selebgram-lgbt-di-indonesia-pengakuan-berujung-pro-dan-kontra-d500a0.html
Nurnafisa, S. (2020, July 30). Batasan Waktu Anak Main Gadget Menurut WHO, Parents Perlu Tahu. https://id.theasianparent.com/batasan-waktu-anak-main-gadget
Pengaruh Digitalisasi Industri Hiburan dan Tantangan yang Harus Dihadapi. (n.d.). kumparan. Retrieved April 9, 2024, from https://kumparan.com/numaa-nabilaa/pengaruh-digitalisasi-industri-hiburan-dan-tantangan-yang-harus-dihadapi-21qvAnHKfVK
Saputro, A. K. (2022). Peran Keluarga Kristen dalam Penanganan karakter Anak-anak di Era Digitalisasi. Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.59177/veritas.v4i2.155
Sudargini, Y., & Purwanto, A. (2020). Pendidikan Pendekatan Multikultural Untuk Membentuk Karakter dan Identitas Nasional di Era Revolusi Industri 4.0: A Literature Review. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i3.94
UPTD Balai Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan | Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (n.d.). Retrieved April 20, 2024, from https://btikp.babelprov.go.id/content/membangun-karakter-anak-dari-kecanduan-gadget
verihubs. (2022, August 12). Digitalisasi adalah Proses Penting di Era Modern, Ini Ulasannya! Verihubs. https://verihubs.com/blog/digitalisasi-adalah/
Wulandari, H., & Kurniasih, K. (2023). Gadget dan Anak Usia Dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(2), Article 2. https://doi.org/10.31537/jecie.v6i2.1132
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 JURNAL KADESI
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access Policy & License
All research articles published in JURNAL KADESI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen are fully open access: immediately freely available to read, download and share. Articles are published under the terms of aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits use, distribution and reproduction in any medium, provided the original work is properly cited.
Definition of Open Access Publication from Bethesda Statement on Open Access Publishing: An Open Access Publication [1] is one that meets the following two conditions:
- The author(s) and copyright holder(s) grant(s) to all users a free, irrevocable, worldwide, perpetual right of access to, and a license to copy, use, distribute, transmit and display the work publicly and to make and distribute derivative works, in any digital medium for any responsible purpose, subject to proper attribution of authorship, as well as the right to make small numbers of printed copies for their personal use.
- A complete version of the work and all supplemental materials, including a copy of the permission as stated above, in a suitable standard electronic format is deposited immediately upon initial publication in at least one online repository that is supported by an academic institution, scholarly society, government agency, or other well-established organization that seeks to enable open access, unrestricted distribution, interoperability, and long-term archiving.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.