PENERAPAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PENGAMPUNAN DI SEKOLAH DASAR TEOLOGI KRISTEN TUNAS PERTIWI BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v7i1.98Kata Kunci:
Pendidikan Agama Kristen; pengembangan karakter pengampunan; sekolah Kristen Tunas PertiwiAbstrak
Pendidikan Agama Kristen pada dasarnya bertujuan untuk mengarahkan para murid secara bertahap untuk memahami peristiwa-peristiwa yang tercatat dalam Alkitab serta ajaran-ajaran yang disampaikan melalui Alkitab tersebut. Tujuan utamanya adalah untuk membimbing murid dalam Alkitab untuk menuntun seluruh aspek kehidupannya menuju keselamatan. Selain itu, pendidikan agama Kristen juga bertujuan untuk mendorong murid untuk menerapkan prinsip-prinsip Alkitab dalam membentuk karakter Kristen yang kuat dan meyakinkan, serta mengakui bahwa kebenaran dan prinsip-prinsip iman dapat menjadi panduan dalam mengatasi masalah-masalah moral, sosial, dan politik di dunia ini.
Tujuan Penerapan Pendidikan Agama Kristen dalam pengembangan karakter pengampunan adalah cara untuk menyelesaikan konflik diantara kedua belah pihak. Karakter pengampunan bukanlah hanya untuk melupakan kejadian yang lama maupun yang baru saja terjadi. Pengampunan berfungsi untuk memutus rantai permusuhan, Kenangan pahit yang akan selalu di ingat. Namun, saat seseorang sudah mengampuni kesalahan sang pelanggar maka tidak ada lagi rasa sakit di dalam hati sekalipun masih mengingat nama atau kenangan terhadap yang bersangkutan. Pengampunan adalah salah satu karakter Yesus Kristus yang rela mati dikayu salib demi mengampuni kesalahan umat manusia. Karakter pengampunan harus menjadi karakter peserta didik di Sekolah Dasar Teologi Kristen Tunas Pertiwi sekalipun hal itu sulit untuk diterapkan. Firman Tuhan mengingatkan seseorang harus mengampuni jika orang lain melakukan kesalahan kepadanya (Mat. 6:14) hasil dari Analisa karakter pengampunan adalah seseorang yang memiliki hati yang besar dalam hal tetap bersedia mengampuni. Dalam penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif.
Referensi
Derung, Teresia Noiman. “Upaya Pengampunan Keluarga Kristiani Menurut Injil Matius.” In Theos?: Jurnal Pendidikan dan Theologi 1, no. 3 (2022): 74–83.
Dkk, Fransisko. ““Substansi Pendidikan Agama Kristen Bagi Anak Dan Remaja.” Pendidikan Kristen (2020): 1–84.
Eminyan, Maurice, and Teologi Keluarga. “Maurice Eminyan, SJ, Teologi Keluarga , (Yogyakarta: Kanisius, 2001), Hal 23. 1” (n.d.): 1–12.
Naibaho, Anggun Oktavia, Bangun, and Jojor Silalahi. “Pengaruh Teori Belajar Behavioristik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen.” JRPP: Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 6, no. 4 (2023): 58–67.
Saepulloh, Dika Rahmat. “Pendidikan Karakter Sesuai Fitrah Perkembangan Remaja.” Arya Satya: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 1, no. 1 (2021): 1–10.
Salinding, Viola Jesiska, and Magdalena Pranata Santoso. “Penerapan Pendidikan Kristen Dalam Kegiatan Belajar-Mengajar Yang Menolong Murid Belajar Secara Efektif Berdasarkan Perspektif Alkitab.” Aletheia Chrisian Educators Journal 1, no. 1 (2020): 28–39. https://aletheia.petra.ac.id/index.php/aletheia/article/view/104/61.
Seri, Mika, Dear Rohani, Rientje Rachel, and Helena Turnip. “Upaya Peningkatan Spiritualitas Anak Tuna Grahita Dengan Mata Pelajaran PAK” 1, no. 2 (2023): 199–206.
Sinaga, Janes, Juita Lusiana Sinambela, Max Lucky Tinenti, and Stepanus Pelawi. “Pertobatan Yakub: Si Penipu Menjadi Israel.” Journal of Social Interactions and Humanities 1, no. 1 (2022): 15–26.
Sukendar, Yohanes. “Pengampunan Menurut Kitab Suci Perjanjian Baru.” SAPA - Jurnal Kateketik dan Pastoral 2, no. 2 (2017): 24–39.
Syariah, Kelembagaan Bank, and Graha Ilmu. “No Title,” no. september 2016 (n.d.): 1–6.
Tanduklangi, Rinaldus. “Analisis Tentang Tujuan Pendidikan Agama Kristen (PAK) Dalam Matius 28:19-20.” PEADA’: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2020): 47–58.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 JURNAL KADESI
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access Policy & License
All research articles published in JURNAL KADESI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen are fully open access: immediately freely available to read, download and share. Articles are published under the terms of aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits use, distribution and reproduction in any medium, provided the original work is properly cited.
Definition of Open Access Publication from Bethesda Statement on Open Access Publishing: An Open Access Publication [1] is one that meets the following two conditions:
- The author(s) and copyright holder(s) grant(s) to all users a free, irrevocable, worldwide, perpetual right of access to, and a license to copy, use, distribute, transmit and display the work publicly and to make and distribute derivative works, in any digital medium for any responsible purpose, subject to proper attribution of authorship, as well as the right to make small numbers of printed copies for their personal use.
- A complete version of the work and all supplemental materials, including a copy of the permission as stated above, in a suitable standard electronic format is deposited immediately upon initial publication in at least one online repository that is supported by an academic institution, scholarly society, government agency, or other well-established organization that seeks to enable open access, unrestricted distribution, interoperability, and long-term archiving.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.