PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CAI ( Computer Assisted Instruction ) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP ISLAM CIBATUTIGA CARIU-BOGOR

Penulis

  • Olis Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor

DOI:

https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v5i1.60

Kata Kunci:

Media Pembelajaran; Hasil Belajar; CIA

Abstrak

Media pembelajaran yang baik adalah media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi siswa. Penggunaan media mempunyai tujuan memberikan motivasi kepada siswa. Selain itu media juga harus merangsang siswa untuk mengingat apa yang sudah dipelajari selain memberikan rangsangan belajar baru. Media yang baik juga akan mengaktifkan siswa dalam memberikan tanggapan, umpan balik dan juga mendorong siswa untuk selalu memperhatikan materi yang sedang disampaikan oleh guru dengan bantuan media, di sini akan terjadi suatu pembelajaran yang interaktif, pembelajaran yang menyenangkan.

Referensi

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kurikulum Besar Program Umum Tingkat Pertama Garis-garis Besar Program Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Alam, Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1997.

Asnawir, Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Intermasa, 2006.

Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Arsyad, Azhar. Media Pengajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo persada, 2004.

Departemen Pendidikan dan Kebudayakan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Purwanto, M. Ngalim, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

Sukardi, Dewa Ketut, Bimbingan dan Penyuluhan Belajar di Sekolah, Surabaya: Usaha Nasional, 2004.

Suryabrata, Sumardi, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002.

Ad-Dimyati, Abu Muhammad Bin Khalid, Hadist Shahih Keutamakan Amal Shalih, Jakarta: Najla Press, 2003.

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. tp. tt.

W.S. Winkel, Psikologi Pengajaran, Jakarta: Grasindo, 1996.

http://id.wikipedia.org/wiki/Taksonomi_Bloom./2008/05/02/.

Sabri, Alisuf, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2007.

Ekosusilo, Madya, Dasar-Dasar Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1996.

Hamalik, Oemar, Evaluasi Kurikulum, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1996.

Pudjiastuti, Sri Rahayu, Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: STKIP PRESS, 2006.

Rustaman, Nuryani & Adrian Rustaman, Pokok-Pokok Pengajaran Biologi dan Kurikulum 1994. Jakarta: Pusat Perbukuan Bagian Proyek Pengembangan Buku dan Minat Baca, 1997.

Saktiono, Biologi 2, Klaten: PT Intan Pariwara, 1997.

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan, Rineka Cipta, 2002.

Sugiono, Statistik Untuk Penelitian, Bandung: CV Alfabeta, 2003.

Susilo, Herawati, dkk. Kapita Selekta Pembelajaran Biologi, Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, 2003.

Tirtaraharja, Umar, Pengantar Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Harini, Sri, dkk. Metode Statistika, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007.

Nurdin, Muhamad, Kiat Menjadi Guru Profesional, Sleman: Ar-Razz Media, 2008.

Irianto, Sugeng Yuli, Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VIII, Dinas Perbukuan: Departemen Pendidikan Nasional 2009.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-10

Cara Mengutip

Olis. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CAI ( Computer Assisted Instruction ) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP ISLAM CIBATUTIGA CARIU-BOGOR. JURNAL KADESI, 5(1), 107-136. https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v5i1.60

Terbitan

Bagian

Articles