PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CAI ( Computer Assisted Instruction ) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP ISLAM CIBATUTIGA CARIU-BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v5i1.60Kata Kunci:
Media Pembelajaran; Hasil Belajar; CIAAbstrak
Media pembelajaran yang baik adalah media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi siswa. Penggunaan media mempunyai tujuan memberikan motivasi kepada siswa. Selain itu media juga harus merangsang siswa untuk mengingat apa yang sudah dipelajari selain memberikan rangsangan belajar baru. Media yang baik juga akan mengaktifkan siswa dalam memberikan tanggapan, umpan balik dan juga mendorong siswa untuk selalu memperhatikan materi yang sedang disampaikan oleh guru dengan bantuan media, di sini akan terjadi suatu pembelajaran yang interaktif, pembelajaran yang menyenangkan.
Referensi
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kurikulum Besar Program Umum Tingkat Pertama Garis-garis Besar Program Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Alam, Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1997.
Asnawir, Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Intermasa, 2006.
Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Arsyad, Azhar. Media Pengajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo persada, 2004.
Departemen Pendidikan dan Kebudayakan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2002.
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Purwanto, M. Ngalim, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.
Sukardi, Dewa Ketut, Bimbingan dan Penyuluhan Belajar di Sekolah, Surabaya: Usaha Nasional, 2004.
Suryabrata, Sumardi, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002.
Ad-Dimyati, Abu Muhammad Bin Khalid, Hadist Shahih Keutamakan Amal Shalih, Jakarta: Najla Press, 2003.
Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. tp. tt.
W.S. Winkel, Psikologi Pengajaran, Jakarta: Grasindo, 1996.
http://id.wikipedia.org/wiki/Taksonomi_Bloom./2008/05/02/.
Sabri, Alisuf, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2007.
Ekosusilo, Madya, Dasar-Dasar Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1996.
Hamalik, Oemar, Evaluasi Kurikulum, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1996.
Pudjiastuti, Sri Rahayu, Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: STKIP PRESS, 2006.
Rustaman, Nuryani & Adrian Rustaman, Pokok-Pokok Pengajaran Biologi dan Kurikulum 1994. Jakarta: Pusat Perbukuan Bagian Proyek Pengembangan Buku dan Minat Baca, 1997.
Saktiono, Biologi 2, Klaten: PT Intan Pariwara, 1997.
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan, Rineka Cipta, 2002.
Sugiono, Statistik Untuk Penelitian, Bandung: CV Alfabeta, 2003.
Susilo, Herawati, dkk. Kapita Selekta Pembelajaran Biologi, Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, 2003.
Tirtaraharja, Umar, Pengantar Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Harini, Sri, dkk. Metode Statistika, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007.
Nurdin, Muhamad, Kiat Menjadi Guru Profesional, Sleman: Ar-Razz Media, 2008.
Irianto, Sugeng Yuli, Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VIII, Dinas Perbukuan: Departemen Pendidikan Nasional 2009.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 JURNAL KADESI
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access Policy & License
All research articles published in JURNAL KADESI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen are fully open access: immediately freely available to read, download and share. Articles are published under the terms of a?Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License?which permits use, distribution and reproduction in any medium, provided the original work is properly cited.
Definition of Open Access Publication from Bethesda Statement on Open Access Publishing: An Open Access Publication [1] is one that meets the following two conditions:
- The author(s) and copyright holder(s) grant(s) to all users a free, irrevocable, worldwide, perpetual right of access to, and a license to copy, use, distribute, transmit and display the work publicly and to make and distribute derivative works, in any digital medium for any responsible purpose, subject to proper attribution of authorship, as well as the right to make small numbers of printed copies for their personal use.
- A complete version of the work and all supplemental materials, including a copy of the permission as stated above, in a suitable standard electronic format is deposited immediately upon initial publication in at least one online repository that is supported by an academic institution, scholarly society, government agency, or other well-established organization that seeks to enable open access, unrestricted distribution, interoperability, and long-term archiving.
?
This work is licensed under a?Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.