Pendidikan Konseling Membimbing Orang Yang Mengalami Penderitaan Dan Kemalangan
Sebab Dan Strategi Membimbing Orang Yang Mengalami Penderitaan
DOI:
https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v5i2.70Kata Kunci:
Pendidikan Konseling; Penderitaan; Kemalangan; MembimbingAbstrak
Pendidikan konseling merupakan suatu pendekatan yang bertujuan untuk membantu individu dalam mengatasi masalah pribadi, sosial, dan emosional. Salah satu aspek penting dalam bidang ini adalah kemampuan memandu dan membimbing orang yang mengalami penderitaan dan kemalangan. Artikel ini akan menjelaskan sebab-sebab penderitaan dan kemalangan serta strategi yang efektif dalam membimbing mereka. Penulisan ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian kepustakaan. Pendekatan tersebut berada di bawah fenomenologi, yang merupakan studi konseptual tentang kehidupan pribadi atau fenomena tertentu yang dialami oleh seorang individu.
Referensi
Abineno J L Ch,Pelayanan Pastoral Kepada Orang Berduka (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1991)
Bastaman H D, Logoterapi: Psikologi Untuk Menemukan Makna Hidup dan Meraih Hidup Bermakna (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007)
Frankl Viktor E, Optimisme Di Tengah Tragedi-Analisis Logoterapi (Bandung:Nuansa, 2008)
Hartini, Nurul dan Atika Dian ariana, Perkembangan dan peneraban konseling dalam psikologi,( Airlangga Universitas Press: 2016
Reece Gary W, Trauma, Loss & Bereavement: A Survivors Handbook (Eugene:Wipf and Stock, 1999)
Susabda Yakub B, Pastoral Konseling : Jilid Dua (Malang: Gandum Mas,2011)
Sutirna H, Bimbingan dan Konseling (Bandung: Andi, 2012)
Wiryasaputra Totok Semartho, Mengapa Berduka, Kreatif Mengelola Perasaan Duka (Yogyakarta:Kanisius,2003)
Yeo nthony.Konseling Suatu pendekatan Pemecahan Masalah,( Jakarta: Bpk Gunung Mulia, 2017)
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 JURNAL KADESI
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access Policy & License
All research articles published in JURNAL KADESI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen are fully open access: immediately freely available to read, download and share. Articles are published under the terms of a?Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License?which permits use, distribution and reproduction in any medium, provided the original work is properly cited.
Definition of Open Access Publication from Bethesda Statement on Open Access Publishing: An Open Access Publication [1] is one that meets the following two conditions:
- The author(s) and copyright holder(s) grant(s) to all users a free, irrevocable, worldwide, perpetual right of access to, and a license to copy, use, distribute, transmit and display the work publicly and to make and distribute derivative works, in any digital medium for any responsible purpose, subject to proper attribution of authorship, as well as the right to make small numbers of printed copies for their personal use.
- A complete version of the work and all supplemental materials, including a copy of the permission as stated above, in a suitable standard electronic format is deposited immediately upon initial publication in at least one online repository that is supported by an academic institution, scholarly society, government agency, or other well-established organization that seeks to enable open access, unrestricted distribution, interoperability, and long-term archiving.
?
This work is licensed under a?Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.