PENGARUH PENDIDIKAN KELUARGA TERHADAP MASA DEPAN ANAK

Penulis

  • Lasmauli Gurning Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor

DOI:

https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v6i1.83

Kata Kunci:

pengaruh, pendidikan , keluarga, masa depan

Abstrak

Pendidikan adalah usaha yang dilakukan secara sadar dalam mempersiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang. Pendidikan yang diperoleh anak tidak hanya di sekolah, tetapi juga dalam keluarga.Keluarga merupakan wadah atau tempat pendidikan yang paling  pertama bagi anak. Tujuan penelitian adalah sebagai referensi untuk memperkaya studi literatur tentang pengaruh pendidikan  keluarga terhadap masa depan anak. Dengan demikian keluarga dalam hal ini orangtua mengerti dan memahami tugasnya dalam pendiidkan anak.  jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research yaitu jenis penelitian yang membatasi kegiatannya pada bahan-bahan  perpustakaan tidak melakukan riset lapangan. Sebagai orang tua mempunyai tugas dan kewajiban untuk mendidik, memberijkan bimbingan dan, didikan  tentang ilmu-ilmu yang meliputi bekal untuk hidup didunia dan akhirat, dengan kedua ilmu itu akan dapat diraih kehidupan dunia yang makmur dan kebahagiaan di akhirat. Dan dari orangtualah anak pertama kali mengenal dunia. Melalui mereka anak mengembangkan seluruh aspek pribadinya. Dalam hal ini orangtua tidak hanya melahirkan anak, tetapi memberikan pendidikan dan pengetahuan juga kasih sayang kepada anak. Pendidikan  keluarga sangat penting peranannya terhadap masa depan anak.

Referensi

Darmadi. Mendidik Adalah Cinta: Menjelajah Pendidikan Ramah Anak Di Rumah Dan Sekolah. Surakarta: Kekata Publisher, 2018.

———. “Revitalisasi Peran Orang Tua Dalam Pendidikan.” Bhirawa, 2015.

GP, Harianto. Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab & Dunia Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2012.

Gurning, L. “Konteks Persekolahan Di Indonesia Masa Kini.” Jurnal Kadesi 5, no. 1 (2023): 43–60.

Gurning, L, and Maria T Windarti. “Christian Religious Education, Testimony, and Technology: A Holistic Approach to Christian Education.” Jurnal Kadesi 5, no. 2 (2023): 99–108.

Hurlock, E B. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga, 1996.

Miller, Christian B, R. Michael Furr, Angela Knobel, and William Fleeson. CHARACTER NEW DIRECTIONS FROM PHILOSOPHY, PSYCHOLOGY, AND THEOLOGY. New York: Oxford University Press, 2015.

Nasional, Departemen Pendidikan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Riyanto, Edy. Implementasi Pendidikan Agama Dan Pendidikan Karakter. Tangerang: Media Edukasi Indonesia, 2019.

Sirait, Rajiman Andrianus. “Process of Identifying One’s Life Calling At an Early Stage within the Youth Community of Gideon Cilegon Banten.” Journal of Community Service and Society Empowerment 1, no. 1 (2023): 13–23. https://doi.org/10.59653/jcsse.v1i01.175.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter. Cetakan 2. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-02

Cara Mengutip

Gurning, L. (2024). PENGARUH PENDIDIKAN KELUARGA TERHADAP MASA DEPAN ANAK. JURNAL KADESI, 6(1), 118-130. https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v6i1.83

Terbitan

Bagian

Articles