PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MEMBERIKAN BIMBINGAN KONSELING KEPADA SISWA KRISTEN DI SEKOLAH DASAR NEGERI SEMERU 1 BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v6i2.92Kata Kunci:
Guru Pendidikan Agama Kritsen; Bimbingan Konseling; PerananAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pentingnya peranan guru Pendidikan Agama Kristen memberikan bimbingan konseling pada siswa di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan kualitatif instrumen wawancara. Data dalam penelitian ini diperoleh dari satu orang wali kelas dan dua siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Bimbingan konseling sangat dibutuhkan dan penting diterapkan kepada siswa secara langsung guna membantu peserta didik menyelesaikan tugas perkembangan pribadi atau menyelesaikan masalah yang dialami agar dapat bertumbuh sebagai pribadi yang dapat mengaktualisasikan diri, serta dapat menemukan potensi yang ada dalam dirinya. 2) Sebagai wali kelas harus mampu berperan sebagai guru BK dalam membimbing dan mendampingi murid menyelesaikan masalah sendiri. 3) Pihak Wali kelas dan guru Pendidikan Agama Kristen harus bekerja sama membimbing, mendampingi dan membantu siswa mampu menemukan cara menyelesaikan kendala yang dihadapi sesuai dengan keterampilan dan potensi yang ada dalam dirinya. Guru Pendidikan Agama Kristen adalah seorang yang berperan membawa siswa bertumbuh dalam pengenalan iman Kristen. Guru tidak hanya menyampaikan pengetahuan kepada siswa tetapi juga berperan seorang konselor yang akan menolong setiap siswa yang sedang bermasalah dan mendampingi siswa menemukan solusi dari masalah yang dihadapi sehingga siswa dapat keluar dari permasalahan yang sedang dialami. Dalam penelitian ini Guru Agama Kristen dapat memiliki kesadaran tinggi dalam menerapkan bimbingan konseling sebagai bagian integral dari panggilan mengajar sehingga dapat menjadi seorang guru yang handal dan bertanggung jawab memenuhi peran sebagai guru Kristen dalam pendidikan.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 JURNAL KADESI
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access Policy & License
All research articles published in JURNAL KADESI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen are fully open access: immediately freely available to read, download and share. Articles are published under the terms of a?Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License?which permits use, distribution and reproduction in any medium, provided the original work is properly cited.
Definition of Open Access Publication from Bethesda Statement on Open Access Publishing: An Open Access Publication [1] is one that meets the following two conditions:
- The author(s) and copyright holder(s) grant(s) to all users a free, irrevocable, worldwide, perpetual right of access to, and a license to copy, use, distribute, transmit and display the work publicly and to make and distribute derivative works, in any digital medium for any responsible purpose, subject to proper attribution of authorship, as well as the right to make small numbers of printed copies for their personal use.
- A complete version of the work and all supplemental materials, including a copy of the permission as stated above, in a suitable standard electronic format is deposited immediately upon initial publication in at least one online repository that is supported by an academic institution, scholarly society, government agency, or other well-established organization that seeks to enable open access, unrestricted distribution, interoperability, and long-term archiving.
?
This work is licensed under a?Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.