Implementasi Pengajaran Tuhan Yesus Dalam Mendidik Anak Berdasarkan Markus 10:13-16 Bagi Guru Sekolah Minggu Di Gereja Baptis Rayon Pusat Utara (RPU), Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v8i1.149Kata Kunci:
Pengajaran Tuhan Yesus; Markus 10:13–16; Anak-anak; Guru Sekolah Minggu; Gereja Baptis RPUAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana ajaran Tuhan Yesus dalam Markus 10:13–16 diterapkan dalam proses pendidikan anak oleh para guru Sekolah Minggu di Gereja Baptis Rayon Pusat Utara (RPU), Jakarta. Perikop tersebut menunjukkan betapa besar perhatian dan kasih Yesus kepada anak-anak, dan menjadi teladan bagi para pendidik Kristen dalam mendampingi pertumbuhan rohani anak-anak.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, serta studi dokumentasi. Informan yang dilibatkan adalah guru-guru Sekolah Minggu dan pemimpin gereja yang terlibat langsung dalam pelayanan di lingkungan RPU. Data dianalisis melalui proses reduksi, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ajaran Tuhan Yesus telah diimplementasikan melalui penerimaan tanpa syarat terhadap anak-anak, menjadi teladan hidup yang nyata, dan menyampaikan firman Tuhan dengan pendekatan yang relevan sesuai usia anak. Namun demikian, masih ditemukan beberapa hambatan, antara lain keterbatasan sumber daya, kurangnya pelatihan, serta lemahnya komunikasi antara guru dan orang tua.Penelitian ini menyarankan perlunya pelatihan secara rutin, dukungan rohani berkelanjutan bagi guru Sekolah Minggu, serta peningkatan kerja sama antara gereja, guru, dan orang tua dalam menciptakan suasana belajar yang mendukung pertumbuhan iman anak-anak secara utuh.
Referensi
A E Nida & G R Bratcher, Injil Markus. (Lembaga Alkitab Indonesia, 2014)
Alkipedia
Astuti Endah Tri, ‘Keilahian Yesus Dalam Injil Markus’, Teologi Terapan, 1, No. 1 (2021), pp. 1–15
Billy Paulus, Christiy Deby Lahawia, ‘Guru Sekolah Minggu, Fungsinya Sebagai Mentor Untuk Mengubah Perilaku Anak Usia 5-7 Tahun Di GBI Jesus Answer Danowudu’, Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen Sekolah Tinggi Teologi Transformasi Indonesia ISSN 2798-0642 (Online), 2798-1797 (Print), Volume 1, (2021)
Boehlke R Robert, Siapakah Yesus Sebenarnya? Cet. Ke-8 (BPK Gunung Mulia, 2000)
BrideMc, ‘“The Gospel of Mark: A Reflective Commentary”,’ pp. 157-158.
Chang Eric, ‘Kerajaan Allah Itu Milik Anak-Anak Kecil’, Https://Cahayapengharapan.Org/Kerajaan-Allah-Itu-Milik-Anak-Kecil/
Chen, Martin, ‘Kerajaan Allahsebagai Inti Kehidupan Dan Perutusan Yesus’, Filsafat Dan Teologi STF Driyarkara, Vol. 11 No (2012), pp. 236–40
Duyverman E M., Pembimbing Ke Dalam Perjanjian Baru, (BPK Gunung Mulia, 2008)
Egger, W., How to Read the New Testament: An Introduction to Linguistic and Historical-Critical Methodology. (Peeters Publishers., 1996)
Gracela , Elmina , Elfrida , Gressa, Josua, ‘Implementasi Program Pengajaran Sekolah Minggu Di Gereja Baptis Kasih Karunia Simalingkar Sebagai Bentuk Pengabdian Masyarakat’, Jurnal Hasil Kegiatan Kolaborasi Pengabdian Masyarakat, Vol. 2 No. (2024)
Jammer P. Andalangi, Dkk., ‘Prinsip-Prinsip Pendidikan Yahudi-Kristen Anak Usia Dini Berdasarkan Tindakan Historis Yesus Yang Memberkati AnakAnak Di Dalam Markus 10:13-16’, JURNAL Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, 2020, p. 48
Judith, Gundry, To Such As Tnlhese Belongs The Reign Of GOD”?:Jesus and Children (Volf, Yale University Divinity School, 1997)
Marbun Saortua, Introduksi Lengkap Empat Injil: Menyingkap Kebenaran Di Balik Kisah Yesus, (Eureka Media Aksara, 2023)
Matthew, Henry, Injil Markus (Momentum., 2011)
Michie Donald & David Roads, Injil Markus Sebagai Cerita, Cet-2 (BPK Gunung Mulia, 2000)
Miles, M. B., & Huberman, A. M., Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd Ed.). (Sage Publications., 1994)
Moleong, L. J., Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). (PT Remaja Rosdakarya., 2017)
Rinto1, Marten Luter Umbu Lele, Yantonius Lende, Adriano Pengki A, Tony Salurante., ‘Implementasi Pendidikan Kristen Kepada Anak Sekolah Minggu Di GKSI Syalom Panit’, Of Human And Education, Volume 3,
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 JURNAL KADESI

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access Policy & License
All research articles published in JURNAL KADESI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen are fully open access: immediately freely available to read, download and share. Articles are published under the terms of aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits use, distribution and reproduction in any medium, provided the original work is properly cited.
Definition of Open Access Publication from Bethesda Statement on Open Access Publishing: An Open Access Publication [1] is one that meets the following two conditions:
- The author(s) and copyright holder(s) grant(s) to all users a free, irrevocable, worldwide, perpetual right of access to, and a license to copy, use, distribute, transmit and display the work publicly and to make and distribute derivative works, in any digital medium for any responsible purpose, subject to proper attribution of authorship, as well as the right to make small numbers of printed copies for their personal use.
- A complete version of the work and all supplemental materials, including a copy of the permission as stated above, in a suitable standard electronic format is deposited immediately upon initial publication in at least one online repository that is supported by an academic institution, scholarly society, government agency, or other well-established organization that seeks to enable open access, unrestricted distribution, interoperability, and long-term archiving.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





