KUALITAS GURU AGAMA KRISTEN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SEKOTA BANJARBARU BERDASARKAN KONSEP KEGURUAN YESUS DALAM INJIL YOHANES
DOI:
https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v6i1.82Kata Kunci:
Kualitas Pendidik; Guru agama; Pendidikan; Yohanes 13:12-20Abstrak
Pendidikan yang berkualitas akan menghasilkan peserta didik yang berkulitas juga. Tentu hal ini tidak terlepas dari sumber daya manusia yang berperan dalam satuan pendidikan sebagai seorang pendidik. Sebagai seorang guru Pendidikan Agama Kristen harus memiliki kemampuan yang memadai dalam mengajar, baik itu secara kedisiplinan keilmuan maupun secara kerohanian guru tersebut. Pada masa sekarang ini masih banyak permasalahan yang timbul dalam dunia pendidikan di Indonsia. Hal ini juga tidak terlepas pada Sekolah Menengah Pertama Kota Banjarbaru secara khusus penididikan agama Kristen yang ada di Kota Banjarbaru. Hasil survey terhadap 10 guru pendidikan agama Kristen sekolah menengah pertama Kota Banjarbaru sebagai responden menunjukkan bahwa masih ada guru agama Kristen di kota Banjarbaru yang belum memiliki keprofesionalisme dalam mengajar berdasarkan konsep keguruan Yesus dalam Yohanes 13:12-20 dan belum memiliki kompetensi dasar berdasarkan UU No. 14 tahun 2005 secara keilmuan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik dalam pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kualitas guru-guru PAK sekolah menengah pertama di kota Banjarbaru, dan apa dampaknya ketika seorang pendidk memiliki kualitas terhadap pembelajaran PAK di kota Banjarbaru. Ternyata ada pengaruh yang positif terhadap pendidikan agama kristen di Sekolah Menengah Pertama kota Banjarbaru ketika seorang guru memiliki kualitas yang baik dan mumpuni.
Referensi
Afiyanti Y, Validitas dan Reliabilitas dalam Penelitian Kualitatif (J Keperawatan Indonesia, 2008).
Apandi, Idris. et.al, Guru Profesional, Bukan Guru Abal-Abal (Yogjakarta: Deepublish, 2017).
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Pendekatan (Jakarta: Rineke Cipta, 2006).
Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011 )
Moleang, Lexi J., Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung:Remaja Rosdakarya, 2009).
Noor, Moh, Guru Profssional Dan Berkualitas, (Semarang: Alprin, 2010)
Press, 2010).
Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), (Bandung: Alfabeta, 2012).
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif. Untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Interaktif, dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta; 2017).
Sumanto, Metodologi Penelitian sosial dan Pendidikan (Yogyakarta: Andi Offeset, 1995)
Yamin, Martinis, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Jakarta: Gaung Persada Press, 2010)
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 JURNAL KADESI
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access Policy & License
All research articles published in JURNAL KADESI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen are fully open access: immediately freely available to read, download and share. Articles are published under the terms of a?Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License?which permits use, distribution and reproduction in any medium, provided the original work is properly cited.
Definition of Open Access Publication from Bethesda Statement on Open Access Publishing: An Open Access Publication [1] is one that meets the following two conditions:
- The author(s) and copyright holder(s) grant(s) to all users a free, irrevocable, worldwide, perpetual right of access to, and a license to copy, use, distribute, transmit and display the work publicly and to make and distribute derivative works, in any digital medium for any responsible purpose, subject to proper attribution of authorship, as well as the right to make small numbers of printed copies for their personal use.
- A complete version of the work and all supplemental materials, including a copy of the permission as stated above, in a suitable standard electronic format is deposited immediately upon initial publication in at least one online repository that is supported by an academic institution, scholarly society, government agency, or other well-established organization that seeks to enable open access, unrestricted distribution, interoperability, and long-term archiving.
?
This work is licensed under a?Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.