Tujuan Pendidikan Agama Kristen Sebagai Kontra Algoritma Sosial Media Pengamplifikasi Dosa

Authors

  • Ong Grace Quarissa Hadinata STT Kadesi Bogor
  • Timotius Sukarna Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor

DOI:

https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v5i1.29

Keywords:

Algoritma media sosial; filter bubble; efek ruang gema;dosa; Pendidikan Agama Kristen.

Abstract

Perkembangan menuju media sosial yang canggih tidak terhindarkan.
Algoritma untuk mengurasi konten adalah fitur umum sebagian besar
media sosial. Namun, algoritma tersebut menimbulkan problematika
baru seperti situasi filter bubble dan efek ruang gema (echo chamber).
Dampaknya adalah amplifikasi dosa atau sisi kedagingan manusia
dalam ranah dunia maya yang disebut dosa digital. Maka perlu ditinjau
tujuan Pendidikan Agama Kristen (PAK) yang digunakan sebagai kontra
terhadap permasalahan. Hasil penelitian yang menggunakan metode
analisis deskriptif menunjukkan PAK yang dilaksanakan sesuai tujuan
sesungguhnya adalah solusi dari permasalahan sebab 1) PAK bersifat
kontekstual dan akan terus relevan dengan pergumulan manusia segala
masa, 2) target PAK juga menggunakan media sosial, 3) Firman Tuhan
adalah sumber belajar utama dalam PAK yang tidak lekang oleh waktu,
dan 4) keluaran PAK ialah pengikut Kristus yang dewasa secara
keseluruhan.

References

___. "FILTER BUBBLE: Apa Itu Algoritma Media Sosial?". BEM FEMA IPB. diakses pada 23 Maret 2022. http://bem.fema.ipb.ac.id/index.php/filter-bubble-apa-itu-algoritma-media-sosial/.

___. ALKITAB Terjemahan Baru. NL. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2019.

Bestari, N. P. "76,8% Warga RI Sudah Pakai Internet, Tapi Banyak PR-Nya". CNBC Indonesia. diakses pada 23 Maret 2022. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220120142249-37-309046/768-warga-ri-sudah-pakai-internet-tapi-banyak-pr-nya.

Boehlke, R. R. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen-Dari Plato sampai Ig. Loyola (Cetakan Pertama). Jakarta: Gunung Mulia. 1991

DeVito, M. A., Gergle, D., dan Birnholtz, J. ""Algorithms Ruin Everything": #Riptwitter, Folk Theories, And Resistance To Algorithmic Change In Social Media". dalam Proceedings of The 2017 CHI Conference On Human Factors In Computing Systems, h. 3163-3174. ACM, 2017.

Fanning, D. "Hamartiology". dalam Bible Doctrines 6. Presentasi. 2009.

G. P., Harianto. Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab dan Dunia Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta: ANDI. 2012.

Gruwell, L. Constructing Research, Constructing the Platform: Algorithms and the Rhetoricity of Social Media Research. Present Tense: A Journal of Rhetoric in Society Vol. 6 No. 3 (2018): 1-9.

Petrescu, M., dan Krishen, A. S. The Dilemma of Social Media Algorithms and Analytics. Journal of Marketing Analytics Vol. 8 (2020): 187188. Diakses pada 23 Maret 2022. https://doi.org/10.1057/s41270-020-00094-4

Tanduklangi, R. Analisis Teologis Tentang Tujuan Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam Matius 28:19-20. Jurnal Pendidikan Kristen Vol. 1 No. 1 (Juni 2020): 47-58.

Tyson, J. R. Sin, Self and Society: John Wesley's Hamartiology Reconsidered. The Asbury Theological Journal Vol. 44 No. 2 (1989): 77-90.

___, dan Mahmudah, U. Echo Chambers di Dunia Maya: Tantangan Baru Komunikasi Antar Umat Beragama. RELIGI Jurnal Studi Agama-Agama Vol. 15 No. 2 (2019): 141-152.

Zimmer, F., dkk. "Echo Chambers And Filter Bubbles Of Fake News In Social Media. Man-Made Or Produced By Algorithms?". dalam 8th Annual Arts, Humanities, Social Sciences & Education Conference. Honolulu: Hawaiian University, 2019. diakses pada 23 Maret 2022, https://www.researchgate.net/publication/331071348_Echo_Chambers_and_Filter_Bubbles_of_Fake_News_in_Social_Media_Man-made_or_produced_by_algorithms.

Published

2023-05-10

How to Cite

Ong Grace Quarissa Hadinata, & Sukarna, T. (2023). Tujuan Pendidikan Agama Kristen Sebagai Kontra Algoritma Sosial Media Pengamplifikasi Dosa. JURNAL KADESI, 5(1), 1-22. https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v5i1.29